Lensa Darbi

Thursday, March 03, 2011

Outing Class 1 "Kantor Dinas Pemadam Kebakaran"

Grand Depok City - DEPOK

Siswa-siswi kelas 1 SDIT Darul Abidin, berkunjung ke Dinas Pemadam Kebakaran yang bertempat di Grand Depok City - Kota Depok. Berangkat pukul 09.30 WIB, siswa-siswi dengan riang gembira masuk kedalam mobil jemputan untuk segera berangkat menuju kantor sang penakluk api di kota Depok tersebut.

Perjalanan sangat menyenangkan dan begitu mengesankan, sehingga beberapa siswa merasa sangat bahagia dan senang. Disambut oleh para petugas pemadam kebakaran dan kepala pemadam kebakaran kota Depok. Para siswa dan guru SDIT Darul Abidin dipersilakan melihat dan berphoto bersama dengan kendaraan perjuangan mereka. Beberapa alat dan perlengkapan ketika mereka mulai bekerja memadamkan api, serta kendaraan-kendaraan yang mereka butuhkan saat memadamkan api mereka perkenalkan kepada guru dan siswa-siswi SDIT Darul Abidin.

Senang dan gembira belajar dan bekerja sama dengan para penakluk api membuat motivasi mereka semakin bertambah, selain mendo'akan para penakluk api sabar dan kuat ketika menghadapi kebakaran, baik kebakaran di pasar, perumahan, perkebunan, dan pertokoan. Yang paling penting untuk memadamkan api selain dari air adalah, kendaraan pemadam kebakaran (Blankwear), para petugas pemadam kebakaran itu sendiri.

Beberapa deskripsi kerja dari petugas pemadam kebakaran adalah sebagai berikut:

1. Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) adalah instansi yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya melaksanakan upaya-upaya penanganan kebakaran di kota ataupun kabupaten meliputi upaya pencegahan, pemadaman, penyelamatan dan pembinaan masyarakat terkait dengan penanganan kebakaran tersebut.

2. Kepala Dinas adalah kepala dinas pemadam kebakaran kota.

3. Standar Operasional Prosedur/Prosedur Tetap (Protap) adalah kumpulan instruksi, perintah dan sejenisnya terhadap suatu instansi, organisasi, satuan tugas dsb dalam pelaksanaan operasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran atau bencana sedemikian sehingga diperoleh keselarasan dan keterpaduan tindakan bagi semua pihak yang terlibat.

4. Asosiasi profesi adalah organisasi atau wadah para ahli yang berdedikasi dalam pembinaan keahlian serta menjunjung kode etik profesi. termasuk dalam definisi ini adalah para konsultan, perencana/arsitek dan pengembang/developer.

5. Bahaya (hazard) adalah suatu kejadian atau peristiwa yang memiliki potensi menimbulkan kerusakan, ancaman terhadap keselamatan jiwa manusian atau luka, serta menimbulkan kerusakan lingkungan.

6. Bahaya kebakaran adalah bahaya yang diakibatkan oleh intesitas kebakaran yang diwujudkan dalam timbulan panas yang tinggi, jalaran nyala api, sebaran asap dan gas-gas beracun.

7. Bencana adalah kejadian atau rangkaian kejadian yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan baik oleh faktor alam dan/atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

8. Bencana umum perkotaan lainnya adalah jenis bencana perkotaan lainnya selain kebakaran untuk turut menanganinya, seperti jembatan atau bangunan runtuh, gempa, banjir atau genangan air, percobaan bunuh diri dan gangguan keselamatan publik dsb.

9. Gladi adalah kegiatan untuk mempraktekan secara nyata di lapangan terhadap pengusaan suatu informasi mengenai pengetahuan/keterampilan yang telah dilatihkan termasuk dalam hal ini prosedur tentang penanganan kebakaran.

10. Hot spot (titik panas) adalah suatu indikasi adanya akumulasi panas yang ditangkap oleh satelit cuaca melalui sensor pendeteksi panas yangn menunjukan adanya kebakaran hutan atau lahan yang terjadi di suatu wilayah

Setelah membaca beberapa tugas dari petugas pemadam kebakaran, ternyata mereka bukan hanya bekerja saat terjadi kebakaran saja, tetapi juga apabila terjadi seperti jembatan atau bangunan runtuh, gempa, banjir atau genangan air, percobaan bunuh diri dan gangguan keselamatan publik dsb. Hebat yah mereka, tidak salah kalau begitu, ada beberapa siswa SDIT Darul Abidin bercita-cita menjadi seorang Penakluk Api. Moga berkah dan sehat selalu yah bapak/ibu petugas pemadam kebakaran. Banyak berdo'a juga yah agar selamat ketika menjalankan tugas. Amiin

Terima kasih untuk seluruh petugas pemadam kebakaran, bapak/ibu guru, siswa-siswi, supir jemputan, dan semua pihak yang turut membantu terlaksananya kegiatan "Field Trip" di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok. Semoga keberkahan dan kesehatan menaungi kita semua. Amiin.

No comments: