Lensa Darbi

Monday, March 07, 2011

Hadirkan Pepohonan di Lingkungan Sekolah

Tumbuhan dan pepohonan memiliki berbagai manfaat yang sangat luar biasa, dan telah diakui oleh berbagai ilmu pengetahuan apapun.

1. Penurun Suhu
Hampir semua pohon merupakan penyuka sinar matahari. Sementara, di wilayah tropis ini, sinar matahari yang berlimpah terkadang mengganggu kenyamanan karena dapat meningkatkan suhu udara dalam sekolah. Pohon merupakan solusi yang paling ramah lingkungan. Tanam pohon, terutama pohon perindang di sekitar sekolah dan suhu udarapun akan menjadi lebih sejuk.

2. Penyedia Oksigen
Dalam lingkungan sekolah, fungsi pepohonan yang ini juga dapat dirasakan. Udara yang mengalir di bawah pohon akan terasa lebih segar, karena kandungan oksigennya lebih banyak. Sementara, zat racun dalam udara dapat diserap oleh pepohonan. Jika udara berkualitas ini yang mengalir ke sekolah kita melalui jendela maupun pintu, hidup kita pun akan lebih sehat.

3. Peredam Suara dan Debu
Dengan menanam pepohonan di sekitar sekolah, suara bising dari jalan pun akan "ditangkap" oleh daun-daun. Begitu juga debu dan partikel-partikel berbahaya lain di udara. Tanamlah pepohonan yang daunnya berbulu, karena ia akan lebih efektif menangkap debu.

4. Pengarah Angin
Dengan adanya pepohonan di sekitar rumah, angin yang datang akan dapat diatur arahnya sesuai keinginan kita dengan menanam pohon. Angin yang terlalu kencang menerpa sekolah akan "dipecah" oleh pohon yang tinggi. Sebaliknya, jika kita membutuhkan angin, tanam deretan pepohonan dengan arah tertentu agar angin berhembus masuk kedalam sekolah. 

Selamat menanam pohon, selamat menghijaukan sekolah!
Kompas. Kamis, 3 Maret 2011

No comments: