Lensa Darbi

Monday, February 08, 2010

Pembelajaran Tematik SDIT Darul Abidin

SDIT Darul Abidin - Depok
Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang dirancang berdasarkan tema-tema tertentu. Ciri- Pembelajaran Tematik:
- Berpusat pada siswa

- Pengalaman langsung

- Pemisahan Matpel tidak begitu jelas

- Konsep dari berbagai Matpel
- Flesksibel waktu dan tempat


Untuk pengembangan kurikulum pembelajaran tematik ini, SDIT Darul Abidin menunjuk ibu Nurul Badriyah sebagai koordinator untuk kelas satu sampai kelas tiga. Konsep pembelajaran tematik ini mulai dilaksanakan SDIT Darul Abidin mulai tahun ajaran 2009/2010, dengan mengadakan banyak pelatihan- pelatihan terhadap bapak/ibu guru di ruang Muzdalifah.Keuntungan konsep pembelajaran tematik bagi siswa- siswi SDIT Darul Abidin antara lain:
1. Siswa dapat lebih fokus pada proses belajar, daripada hasil belajar.
2. Menghilangkan batas semu antar bagian-bagian kurikulum dan menyediakan pendekatan proses belajar yang terintegrasi.
3. Menyediakan kurikulum yang berpusat pada siswa – yang dikaitkan dengan minat, kebutuhan, dan kecerdasan; mereka didorong untuk membuat keputusan sendiri dan bertanggung jawab pada keberhasilan belajar.
4. Merangsang penemuan dan penyelidikan mandiri di dalam dan di luar kelas.
5. Membantu siswa membangun hubungan antara konsep dan ide, sehingga meningkatkan apresiasi dan pemahaman.

Rambu- rambu pembelajaran tematik:
- Tidak semua mata pelajaran harus dipadukan

- Dimungkinkan terjadi penggabungan kompetensi dasar lintas semester
- Kompetensi dasar yang tidak dapat dipadukan, jangan dipaksakan untuk dipadukan

- Kompetensi dasar yang tidak tercakup pada tema tertentu harus tetap diajarkan

- Kegiatan pembelajaran ditekankan pada kemampuan CALISTUNG dan Moral
- Tema sesuai dengan karakteristik siswa, lingkungan daerah setempat.

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

I

II

III

IV, V, dan VI

A. Mata Pelajaran




3

1. Pendidikan Agama

TE MA TIK

2. Pendidikan Kewarganegaraan

TE MA TIK

2

3. Bahasa Indonesia

TE MA TIK

5

4. Matematika

TE MA TIK

5

5. Ilmu Pengetahuan Alam

TE MA TIK

4

6. Ilmu Pengetahuan Sosial

TE MA TIK

3

7. Seni Budaya dan Keterampilan

TE MA TIK

4

8.Pendidikan Jasmani, Olahraga

dan Kesehatan

TE MA TIK

4

B. Muatan Lokal

TE

MA

TIK

2

C. Pengembangan Diri

TE MA TIK

2*)

Jumlah

26

27

28

32


Basis jadwal tematik SDIT Darul Abidin:

Tahapan /jadwal Kegiatan Perhari:

- Kegiatan Pembukaan (1 Jam pelajaran)

- Kegiatan Inti Tematik ( 4 Jam Pelajaran)

- Kegiatan penutup ( 1 Jam Pelajaran)


Pengaturan Jadwal Mata Pelajaran:

Untuk memudahkan administrasi sekolaah terutama dalam penjadwalan guru kelas bersama

dengan guru mata pelajaran pendidikan agama, guru pendidikan jasmani, dan guru muatan

lokal bersama- sama menyusun jadwal mata pelajaran.


Teknik / Cara Penilaian:

- Unjuk Kerja (Performance)

- Penugasan ( Proyek/ Project)

- Hasil Kerja (Produk/ Product)

- Tertulis (Paper & Pen)

- Portofolio (Portofolio)

- Sikap

- Penilaian Diri (Self Assesment)


Semoga pembelajaran tematik SDIT Darul Abidin dapat bermanfaat untuk mengembangkan pendidikan di SDIT Darul Abidin dan bermanfaat untuk seluruh siswa dan guru, khususnya untuk siswa dan guru di kelas satu sampai kelas tiga. Wassalam. Mr

Tuesday, February 02, 2010

Melepaskan Diri dari Kehinaan dan Kemiskinan

printSend to friend

Oleh KH Didin Hafidhuddin

Sebagaimana telah sama-sama kita yakini bahwa Islam adalah agama yang sangat menekankan pentingnya tanggung jawab sosial kemasyarakatan, di samping penguatan hubungan dengan Allah SWT. Sebab, pada dasarnya manusia tidak bisa hidup sendiri, akan tetapi harus saling mengenal, berinteraksi, berhubungan, dan saling menolong antara yang satu dan lainnya.

Karena itu, refleksi dan manifestasi keimanan seseorang terletak pada dua aspek utama, yaitu ketundukan dan kepatuhan pada aturan Allah SWT serta keharmonisan hubungan sosial dengan sesama manusia. Kedua kekuatan hubungan yang bersifat vertikal dan horizontal inilah yang akan melepaskan manusia dari kehinaan dan kemiskinan.

Allah SWT berfirman, ''Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia, dan mereka kembali mendapat kemurkaan dari Allah dan mereka diliputi kerendahan. Yang demikian itu karena mereka kafir kepada ayat-ayat Allah...'' (QS Ali Imran [3]:112).

Terdapat banyak lagi tuntunan agama yang mengaitkan antara keimanan dan perilaku sosial seseorang. Mulai dari masalah yang dianggap sederhana, tapi punya dampak yang besar, seperti penghormatan kepada tamu, kepedulian terhadap tetangga, menumbuhkembangkan silaturahim antara keluarga dan sahabat, sampai kepada masalah yang dianggap kompleks dan berat, yang memerlukan pemikiran serius dan terencana serta sarana dan prasarana yang cukup, seperti pengentasan kemiskinan dan pemberantasan kebodohan.

Rasulullah SAW bersabda, ''Amal perbuatan yang paling utama setelah beriman kepada Allah SWT, adalah saling berkasih sayang dengan sesama manusia.'' (HR Thabrani). ''Sedekah yang paling utama adalah engkau memberikan makan pada orang yang sedang kelaparan.'' (HR Baihaqy dari Anas).

Di tengah-tengah berbagai persoalan berat yang dihadapi masyarakat dan bangsa kita saat ini, penguatan keimanan kepada Allah SWT dan penguatan hubungan sosial kemasyarakatan melalui aksi-aksi nyata dan konkret yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, merupakan suatu keharusan dalam rangka melepaskan diri dari kungkungan kehinaan dan kemiskinan, baik yang bersifat natural, struktural, maupun kultural.

Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Sehingga, kita menjadi bangsa yang semakin memiliki kekuatan keimanan yang termanifestasikan dalam kesalehan pribadi (individual) ataupun kesalehan sosial. Wallahu A'lam bi ash-Shawab

Red: Taqi sumber : Republika

Monday, February 01, 2010

LATIHAN PERDANA 2010

Darbi Power Futsal - Depok

Sabtu, 30 Januari 2010. Latihan perdana ekskul futsal SDIT Darul Abidin atau yang lebih dikenal dengan Darbi Power Futsal memulai latihan perdana dengan lapangan futsal yang kini berwajah baru, bagaimana tidak, Mr. Mansur dengan kawan- kawan karyawan SDIT Darul Abidin memperbaharui wajah lapangan SDIT Darul Abidin, dengan balutan garis kuning dan perut badan lapangan dengan warna biru membuat para peserta ekskul futsal semakin nikmat dalam bermain, dan untuk menjamu tim tamu jadi lebih asyik, karena sudah punya lapangan yang layak.

Tim tamu yang hadir kemarin adalah dari Tim Toeyoel FC, yang tiada lain adalah pelatih ekskul Darbi Power Futsal yang akan memainkan pertandingan eksibisi melawan karyawan SDIT Darul Abidin, dan pertandingan tersebutpun berakhir 11 - 7 untuk keunggulan tim Toeyoel FC. Sebuah pelajran berharga tentunya untuk tim karyawan SDIT Darul Abidin, bagaimana tim Toeyoel FC begitu dominan dalam penguasaan bola.

Kesenangan juga turut hadir pada wajah peserta ekskul futsal, melihat lapangan yang mereka pakai untuk berlatih sudah diperbaharui, walaupun belum sepenuhnya tapi kami berharap semakin bersemangat mereka dalam berlatih hingga dapat meningkatkan prestasi mereka dalam turnamen- turnamen futsal selanjutnya. Amin.

Terus Semangat dan Jangan Berhenti Berlatih... Terus Tingkatkan Prestasi...
Ayo Darbi Power Futsal.... Ku Selalu Mendukungmu....

Sunday, January 31, 2010

Menerima Pendaftaran Murid Baru


SDIT DARUL ABIDIN

MENERIMA SISWA BARU DAN PINDAHAN

TAHUN AJARAN 2010-2011

PENDAFTARAN MULAI DESEMBER 2009

DAFTAR SEGERA!!!

TEMPAT DAN PERSEDIAAN TERBATAS
PEMBELIAN FORMULIR PENDAFTARAN MULAI DESEMBER 2009
TRIAL CLASS 12 DESEMBER 2009 DAN
23 JANUARI 2010
TES KEMATANGAN SEKOLAH 16 DAN
30 JANUARI 2010
PENGUMUMAN LAPORAN PMB 13 FEBRUARI 2010
ALAMAT : JL. KARET HIJAU NO. 29 BEJI
DEPOK 16421
TELP. 77200857 EMAIL: sdit_darbi@yahoo.co.id

Tuesday, January 26, 2010

Photo Presentasi Hari Ke- Dua

SDIT Darul Abidin - Depok
Selasa, 26 Januari 2010 ini siswa- siswi SDIT Darul Abidin kembali melaksanakan kegiatan presentasi karya tulis dengan program PowerPoint yang telah mereka persiapkan sekitar sebulan yang lalu. Inilah photo- photo mereka ketika berpresentasi:

Monday, January 25, 2010

Presentasi Karya Tulis Kelas 6

SDIT Darul Abidin- Depok
Depok, 25 Januari 2010

Setelah berlelah- lelah mereka (red:siswa-siswi kelas 6 SDIT Darul Abidin), membuat karya tulis. Kini, mereka dihadapkan dengan kegiatan mempresentasikan karya tulis yang telah mereka buat tersebut dengan media Power Point. Guru pembimbing dan pengujipun turut sibuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk kelancaran dan suksesnya kegiatan tersebut. Tak terkecuali pak. Mansur yang sedari pagi bolak- balik mempersiapkan macam- macam tuk kegiatan tersebut.
Ibu Rohmah yang mengorbankan laptop dan fasilitas internetnya untuk mendownload file-file karya tulis mereka. Perlu diketahui, kegiatan pengujian karya tulis melalui media presentasi PowerPoint ini menjadi syarat kelulusan siswa- siswi kelas enam SDIT Darul Abidin. Dan menjadi ciri khas lulusan SDIT Darul Abidin.Guru pembimbing karya tulis mereka adalah Bapak/Ibu guru mereka di kelas enam, yakni, Bu. Rohmah, Bu. Lis, Bu.Soffie, Bu.Kasmilah, Bu.Selly dan Pak. Andri, serta penguji kegiatan karya tulis mereka adalah Kepala SDIT Darul Abidin dan Wakil Kepala SDIT Darul Abidin yakni, Bu. Anna dan Pak. Mas'ud.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin- Jum'at, tanggal 25- 29 Januari 2010, bertempat di ruang Muzdalifah dari pukul 08.00 wib- 15.30 wib.

Thursday, January 21, 2010

Try Out JSIT 2010

SDIT Darul Abidin - Depok
Siswa- siswi kelas 6 SDIT Darul Abidin, Rabu- Jum'at (20-22 Januari 2010) ini sedang melaksanakan kegiatan Try Out yang diselenggarakan oleh JSIT bekerjasama dengan SDIT Darul Abidin. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa- siswi SDIT Darul Abidin dalam memahami pelajaran yang telah disampaikan oleh Bapak/Ibu guru mereka, adapun kegiatan try out ini meliputi tiga mata pelajaran. Yakni, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

Tujuan dari pelaksanaan Try Out Nasional IV ini adalah :

  1. Mewujudkan peningkatan kemampuan akademik para siswa tingkat SD hingga SMA yang tergabung dalam keanggotaan JSIT di seluruh Indonesia dalam menghadapi Ujian Nasional 2010
  2. Menyiapkan siswa JSIT dalam menghadapi Ujian Nasional dengan tipe dan bahan soal sesuai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) 2009.
  3. Meningkatkan kepercayaan anggota JSIT terhadap program-program JSIT pusat sehingga tingkat kontribusi sekolah terhadap JSIT dapat lebih ditingkatkan


Menurut Suhartono, M.Pd. Tentang kegiatan Try Out JSIT "dengan adanya TO Nasional IV ini, JSIT dapat mewujudkan perannya lebih nyata dalam memberikan kontribusi pada proses pendidikan anak bangsa ini" (tertera dalam undangan try out JSIT)

Kriteria Keberhasilan Try Out JSIT

Untuk mengukur keberhasilan program ini, JSIT menetapkan kriteria keberhasilan TO Nasional IV ini sebagai berikut :

1. Terselenggaranya TO Nasional IV dengan sukses dan Jujur

2. Tingkat partisipasi peserta 10.000 meliputi SD = 7000, SMP = 2900, SMA = 600

3. Tersedianya naskah soal yang baik berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan tipe soal Ujian Nasional

4. Tidak defisit penganggaran bahkan surplus dana untuk program JSIT berikutnya

5. Tepat waktu dalam pengolahan dan pendistribusian nilai

6. Terdokumentasikan kegiatan dengan baik