Lensa Darbi

Monday, February 08, 2010

Pembelajaran Tematik SDIT Darul Abidin

SDIT Darul Abidin - Depok
Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang dirancang berdasarkan tema-tema tertentu. Ciri- Pembelajaran Tematik:
- Berpusat pada siswa

- Pengalaman langsung

- Pemisahan Matpel tidak begitu jelas

- Konsep dari berbagai Matpel
- Flesksibel waktu dan tempat


Untuk pengembangan kurikulum pembelajaran tematik ini, SDIT Darul Abidin menunjuk ibu Nurul Badriyah sebagai koordinator untuk kelas satu sampai kelas tiga. Konsep pembelajaran tematik ini mulai dilaksanakan SDIT Darul Abidin mulai tahun ajaran 2009/2010, dengan mengadakan banyak pelatihan- pelatihan terhadap bapak/ibu guru di ruang Muzdalifah.Keuntungan konsep pembelajaran tematik bagi siswa- siswi SDIT Darul Abidin antara lain:
1. Siswa dapat lebih fokus pada proses belajar, daripada hasil belajar.
2. Menghilangkan batas semu antar bagian-bagian kurikulum dan menyediakan pendekatan proses belajar yang terintegrasi.
3. Menyediakan kurikulum yang berpusat pada siswa – yang dikaitkan dengan minat, kebutuhan, dan kecerdasan; mereka didorong untuk membuat keputusan sendiri dan bertanggung jawab pada keberhasilan belajar.
4. Merangsang penemuan dan penyelidikan mandiri di dalam dan di luar kelas.
5. Membantu siswa membangun hubungan antara konsep dan ide, sehingga meningkatkan apresiasi dan pemahaman.

Rambu- rambu pembelajaran tematik:
- Tidak semua mata pelajaran harus dipadukan

- Dimungkinkan terjadi penggabungan kompetensi dasar lintas semester
- Kompetensi dasar yang tidak dapat dipadukan, jangan dipaksakan untuk dipadukan

- Kompetensi dasar yang tidak tercakup pada tema tertentu harus tetap diajarkan

- Kegiatan pembelajaran ditekankan pada kemampuan CALISTUNG dan Moral
- Tema sesuai dengan karakteristik siswa, lingkungan daerah setempat.

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

I

II

III

IV, V, dan VI

A. Mata Pelajaran




3

1. Pendidikan Agama

TE MA TIK

2. Pendidikan Kewarganegaraan

TE MA TIK

2

3. Bahasa Indonesia

TE MA TIK

5

4. Matematika

TE MA TIK

5

5. Ilmu Pengetahuan Alam

TE MA TIK

4

6. Ilmu Pengetahuan Sosial

TE MA TIK

3

7. Seni Budaya dan Keterampilan

TE MA TIK

4

8.Pendidikan Jasmani, Olahraga

dan Kesehatan

TE MA TIK

4

B. Muatan Lokal

TE

MA

TIK

2

C. Pengembangan Diri

TE MA TIK

2*)

Jumlah

26

27

28

32


Basis jadwal tematik SDIT Darul Abidin:

Tahapan /jadwal Kegiatan Perhari:

- Kegiatan Pembukaan (1 Jam pelajaran)

- Kegiatan Inti Tematik ( 4 Jam Pelajaran)

- Kegiatan penutup ( 1 Jam Pelajaran)


Pengaturan Jadwal Mata Pelajaran:

Untuk memudahkan administrasi sekolaah terutama dalam penjadwalan guru kelas bersama

dengan guru mata pelajaran pendidikan agama, guru pendidikan jasmani, dan guru muatan

lokal bersama- sama menyusun jadwal mata pelajaran.


Teknik / Cara Penilaian:

- Unjuk Kerja (Performance)

- Penugasan ( Proyek/ Project)

- Hasil Kerja (Produk/ Product)

- Tertulis (Paper & Pen)

- Portofolio (Portofolio)

- Sikap

- Penilaian Diri (Self Assesment)


Semoga pembelajaran tematik SDIT Darul Abidin dapat bermanfaat untuk mengembangkan pendidikan di SDIT Darul Abidin dan bermanfaat untuk seluruh siswa dan guru, khususnya untuk siswa dan guru di kelas satu sampai kelas tiga. Wassalam. Mr

No comments: