Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang dirancang berdasarkan tema-tema tertentu. Ciri- Pembelajaran Tematik:
- Berpusat pada siswa
- Pengalaman langsung
- Pemisahan Matpel tidak begitu jelas
- Konsep dari berbagai Matpel
- Flesksibel waktu dan tempat
Untuk pengembangan kurikulum pembelajaran tematik ini, SDIT Darul Abidin menunjuk ibu Nurul Badriyah sebagai koordinator untuk kelas satu sampai kelas tiga. Konsep pembelajaran tematik ini mulai dilaksanakan SDIT Darul Abidin mulai tahun ajaran 2009/2010, dengan mengadakan banyak pelatihan- pelatihan terhadap bapak/ibu guru di ruang Muzdalifah.
2. Menghilangkan batas semu antar bagian-bagian kurikulum dan menyediakan pendekatan proses belajar yang terintegrasi.
3. Menyediakan kurikulum yang berpusat pada siswa – yang dikaitkan dengan minat, kebutuhan, dan kecerdasan; mereka didorong untuk membuat keputusan sendiri dan bertanggung jawab pada keberhasilan belajar.
4. Merangsang penemuan dan penyelidikan mandiri di dalam dan di luar kelas.
5. Membantu siswa membangun hubungan antara konsep dan ide, sehingga meningkatkan apresiasi dan pemahaman.
Rambu- rambu pembelajaran tematik:
- Tidak semua mata pelajaran harus dipadukan
- Dimungkinkan terjadi penggabungan kompetensi dasar lintas semester
- Kompetensi dasar yang tidak dapat dipadukan, jangan dipaksakan untuk dipadukan
- Kompetensi dasar yang tidak tercakup pada tema tertentu harus tetap diajarkan
- Kegiatan pembelajaran ditekankan pada kemampuan CALISTUNG dan Moral
- Tema sesuai dengan karakteristik siswa, lingkungan daerah setempat

Komponen | Kelas dan Alokasi Waktu | |||
I | II | III | IV, V, dan VI | |
A. Mata Pelajaran |
|
|
| 3 |
1. Pendidikan Agama | TE | MA | TIK | |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | TE | MA | TIK | 2 |
3. Bahasa Indonesia | TE | MA | TIK | 5 |
4. Matematika | TE | MA | TIK | 5 |
5. Ilmu Pengetahuan Alam | TE | MA | TIK | 4 |
6. Ilmu Pengetahuan Sosial | TE | MA | TIK | 3 |
7. Seni Budaya dan Keterampilan | TE | MA | TIK | 4 |
8.Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | TE | MA | TIK | 4 |
B. Muatan Lokal | TE | MA | TIK | 2 |
C. Pengembangan Diri | TE | MA | TIK | 2*) |
Jumlah | 26 | 27 | 28 | 32 |
Basis jadwal tematik SDIT Darul Abidin:
Tahapan /jadwal Kegiatan Perhari:
- Kegiatan Pembukaan (1 Jam pelajaran)
- Kegiatan Inti Tematik ( 4 Jam Pelajaran)
- Kegiatan penutup ( 1 Jam Pelajaran)
Pengaturan Jadwal Mata Pelajaran:
Untuk memudahkan administrasi sekolaah terutama dalam penjadwalan guru kelas bersama
dengan guru mata pelajaran pendidikan agama, guru pendidikan jasmani, dan guru muatan
lokal bersama- sama menyusun jadwal mata pelajaran.
Teknik / Cara Penilaian:
- Unjuk Kerja (Performance)
- Penugasan ( Proyek/ Project)
- Hasil Kerja (Produk/ Product)
- Tertulis (Paper & Pen)
- Portofolio (Portofolio)
- Sikap
- Penilaian Diri (Self Assesment)
Semoga pembelajaran tematik SDIT Darul Abidin dapat bermanfaat untuk mengembangkan pendidikan di SDIT Darul Abidin dan bermanfaat untuk seluruh siswa dan guru, khususnya untuk siswa dan guru di kelas satu sampai kelas tiga. Wassalam. Mr
No comments:
Post a Comment