Lensa Darbi

Thursday, February 18, 2010

Praktikum Membuat Awan

SDIT Darul Abidin - Depok
Siswa SDIT Darul Abidin kelas 3 Makkah melaksanakan praktikum ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan membuat awan, para siswa telah menyiapkan peralatan dan perlengkapan yang telah diperintahkan oleh guru pembimbing mereka yakni: botol kaca bening, air panas, es batu, karton hitam, dan tutup gelas logam.

Siswa siswi kelas tiga ini sangat antusias sekali dalam praktek membuat awan ini, sampai- sampai para siswa ini bermain es batu yang dingin...

Kegiatan Praktek
Pada pembukaan kegiatan praktek ini, Bu. Nurul menuangkan air panas kedalam sebuah botol kaca bening hingga penuh, dan menunggunya hingga beberapa menit, lalu kemudian airnya dikurangi setengah dari botol kaca bening tersebut, lalu botol ditutup dengan tutup gelas logam dan diatasnya diletakkan es batu, kemudian dibelakang botol ditutup dengan karbon hitam, selanjutnya adalah kegiatan pengamatan.
Kegiatan Pengamatan

Setelah siswa mempraktekkan kegiatan membuat awan pada langkah di atas. Siswa kini melanjutkan pada kegiatan pengamatan, dan pada kegiatan pengamatan kali ini, siswa diminta mengamati isi dalam botol kaca bening yang kalau kegiatan praktek itu dilakukan dengan benar. Maka, akan terlihatlah awan yang menggumpal di dalam botol yang didahului dengan terbentuknya embun diluar botol kaca bening.

berikut adalah hasil jepretan kamera kegiatan mereka:

No comments: