Lensa Darbi

Thursday, May 07, 2009

Sholat Berjamaah

SDIT Darul Abidin- Depok
Salat berjamaah, di samping memberikan pahala yang berlipat kepada pelakunya, ternyata juga bisa dijadikan pelajaran tentang bagaimana seharusnya kita hidup bermasyarakat, terutama dalam kaitannya dengan hubungan antara pemimpin (imam) dan yang dipimpin (makmum) dalam lingkungan sekolah misalnya, hubungan antara guru (imam) dan muridnya (makmum). Minimal ada empat pelajaran mengenai kehidupan bermasyarakat yang bisa kita petik dari salat berjamaah.
Pertama, kriteria utama menjadi imam dalam salat adalah keahlian, yakni yang lebih berhak menjadi imam adalah yang paling ahli mengenai kandungan Alquran dan hadis. Di sini tampak bahwa demokrasi ala salat berjamaah dalam memilih pemimpin bukan berorientasi kepada kepopuleran sang calon, tetapi lebih berorientasi kepada keahlian. Ini berbeda dengan banyak sistem politik demokratis, di mana akibat prinsip bahwa suara mayoritas yang menentukan, seorang pemimpin bisa terpilih sekadar karena kepopulerannya.
Kedua, kriteria bagi imam salat berjamaah adalah wawasan yang luas dan integritasnya pada Islam. Bila terjadi bahwa di antara para calon imam, ternyata sama-sama ahli tentang kandungan Alquran dan hadis, maka harus dilihat siapa di antara mereka yang mempunyai wawasan dan integritas yang lebih pada Islam. Ini sangat tampak pada pemilihan pemimpin umat Islam, sepeninggal Nabi Muhammad SAW. Empat Khulafaur Rasyidin (Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib), semuanya berasal dari suku Quraisy.
Mereka dipilih umat Islam menjadi Khalifah (pemimpin), karena dinilai telah teruji wawasannya, loyalitasnya, serta integritasnya kepada Islam. Di antaranya, mereka merupakan kelompok pertama yang memeluk Islam, dan kemudian ikut berjuang bersama Nabi SAW dengan jiwa dan raganya.
Ketiga, kreteria seorang imam salat harus bersedia dikoreksi. Hal itu terlihat tatkala sang imam melakukan kesalahan dalam bacaan salatnya, maka makmum (rakyat) harus membenarkan bacaannya. Kemudian, apabila imam salah langkah (kurang atau lebih gerakannya) dalam memimpin salat berjamaah, maka makmum harus mengingatkan dengan membaca ''Subhanallah''. Mendengar bacaan tersebut, sang imam harus mawas diri dan menyadari bahwa ia telah salah langkah dan segera memperbaikinya.
Keempat, imam yang batal harus bersedia mundur dan mempersilakan salah seorang makmum di belakangnya untuk menggantikannya menjadi imam, meskipun masa jabatannya (sebagai imam salat) belum berakhir.
Semoga sholat berjamaah yang dilakukan siswa- siswi SDIT Darul Abidin semakin hari semakin baik dan khusyuk hingga mendapatkan apa yang Allah janjikan yakni, Sholat yang kita lakukan dapat mencegah kita dari perbuatan keji dan munkar. Amiin, sehingga siswa- siswi SDIT Darul Abidin menjadi siswa- siswi yang tidak hanya baik dan cerdas dalam IPTEK tapi juga IMTAQnya Amiin. Semoga(ah/mr)
Sumber dari : Republika

No comments: