Lensa Darbi

Saturday, October 25, 2008

Guru perlu tingkatkan belajar sains kreatif

Guru perlu tingkatkan belajar sains kreatif
Label : Opin, Dari Kami, Contact Us


SUKMAJAYA, MONDE: Pendidik diharapkan terus meningkatkan sikap profesional dan pemahamannya tentang prinsip-prinsip pembelajaran aktif, kreatif dan menarik demi terwujudnya pembelajaran sains yang berkualitas.Dalam kaitan itu, Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) menggelar pelatihan bagi guru-guru sains dengan harapan terciptanya pembelajaran sains yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (Pakem).

Pelatihan dilaksanakan pada Senin-Kamis, 20-23 November 2006 di Graha Insan Cita Baktijaya Sukmajaya. Kegiatan ini merupakan jalinan kerjasama antara JSIT dan Direktorat Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan Kependidikan Depdiknas.Ketua pelaksana pelatihan Suhartono mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan motivasi dan sikap profesional guru, pemahaman guru tentang prinsip-prinsip pembelajaran aktif, kreatif, dan menarik serta meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan pembelajaran sains dengan pendekatan Pakem.


Sasaran kegiatan ini meliputi guru Sekolah Dasar Islam yang mengajarkan pembelajaran sains dari 60 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di wilayah DKI Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, Banten, dan Bandung.“Para peserta telah mengajar pada bidang sains minimal satu tahun dan memiliki kemampuan menyampaikan hasil-hasil selama pelatihan kepada rekan guru lain di sekolahnya masing-masing,” tutur Suhartono yang juga ketua Peningkatan Mutu Sekolah JSIT.Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan tersebut ialah menghasilkan guru yang memiliki motivasi dan profesional, paham akan prinsip-prinsip Pakem, memiliki kemampuan dalam perencanaan pembelajaran sains dengan pendekatan Pakem, dan memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran sains dengan pembelajaran Pakem.“

Adapun manfaat kegiatan tersebut adalah guru dapat memberikan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa memiliki motivasi belajar yang lebih baik dan guru dapat mengelola pembelajaran dengan baik sehingga hasil belajar secara umum menjadi meningkat.”Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah pelatihan dengan berbagai metode meliputi metode ceramah, diskusi, tanya jawab, peerteeching, dan lain-lain. Ada juga workshop pembuatan alat peraga sains serta praktek pembelajaran sains di SDIT dengan supervisi dari narasumber.(m-9) (red)

Sumber: Monitor Depok

1 comment:

Anonymous said...

Betul sekali. Ikut mendukung pembelajaran sain, silakan berkunjung ke Blog SUMBER MEDIA PEMBELAJARAN: http://idecrazy.blogspot.com tersedia animasi sain. Semua GRATIS. Salam kenal.