Lensa Darbi

Tuesday, April 12, 2011

Membuat layang-layang ...

Rabu pagi yang cerah, siswa-siswi kelas 1 SDIT Darul Abidin melaksanakan kegiatan "Outing Class" bersama bapak dan ibu guru mereka dengan penuh semangat dan keceriaan berlipat. Tepat pukul 08.00 WIB siswa-siswi menaiki mobil orang tua mereka yang telah bekerjasama dengan korkel (koordinator kelas) dan Bapak/ibu guru mensukseskan acara "Outing Class" kali ini.

Museum layang-layang dipilih menjadi tempat outing kedua kelas 1 pada semester kali ini, untuk meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas siswa dalam membuat dan meraih inspirasi dari berbagai jenis layang-layang, baik dari layang-layang lokal maupun layang-layang mancanegara. Tidak itu saja, permainan tradisional yang satu ini juga diteliti oleh para ilmuwan sebagai salah satu permainan tradisional tertua didunia, dan dikenal dari Indonesia ataupun dari China sebagai negara pertama yang memainkan layang-layang.

Kepedulian akan kepunahan dari berbagai permainan tradisional yang merakyat dan seakan tergerus oleh permainan modern yang mahal dan dapat merusak mental anak-anak dan generasi masa depan, menjadi salah satu sebab lain kenapa museum layang-layang ini terpilih menjadi tempat untuk "Outing Class 1". 

Diawali dengan menonton kegiatan festival layang-layang diruang auditorium museum,siswa-siswi diperkenalkan dengan layang-layang tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, juga diperkenalkan akan layang-layang mancanegara yang begitu indah dan mengagumkan.

Selanjutnya siswa-siswi dipersilakan untuk melihat berbagai jenis layang-layang yang telah mereka saksikan melalui video player. Ada layang-layang adu, ada layang-layang laki, cewe, berantai, dan layang-layang cepot dari Jawa Barat. Ada juga layang-layang Swedia yang terbuat dari Bulu Angsa, dan layang-layang terkecil di dunia dari negeri Cina. "kecil banget layang-layangnya, gimana nerbanginnya" celetuk salah satu dari mereka. Selain itu, ada juga layang-layang naga yang panjangnya bisa mencapai 25 m. Ada layang-layang yang terbuatdari bahan kertas, daun, plastik dan bahan pakaian.

Setelah itu, siswa-siswi dipersilakan untuk mewarnai dan membuat sebuah layang-layang, yang dapat dibawa pulang oleh setiap siswa-siswi sebagai pajangan ataupun dimainkan di rumah maupun di sekolah.

Semoga acara bermanfaat dan menjadi pengalaman berharga. Amiin

No comments: