Lensa Darbi

Monday, February 28, 2011

Darbi Power Futsal mengukir sejarah



Alhamdulillah, tak ada kata yang pantas terucap selain puji syukur untuk Allah SWT. Karena atas berkat rahmat-Nya lah SDIT Darul Abidin berhasil mengukir sejarah sebagai tim futsal terbaik di JABODETABEK. Setelah dalam kejuaraaan futsal XY KIDS FUTSAL CHALLENGE 2011 meraih juara pertama dengan menundukkan SD Kemanggisan dengan skor 4-0.

Bermain dengan penuh percaya diri dan diikuti dengan teknik, skill, kolektivitas, dan kerjasama yang apik. Tim futsal SDIT Darul Abidin berhasil menyuguhkan permainan indah dan menawan selama turnamen berlangsung, yang menjadikan tim ini memang pantas dianugerahi gelar tim juara. Karena dalam setiap pertandingan yang dilakoni berhasil menyedot animo dan antusiasme penonton ke lapangan Pro Arena Indoor Soccer Pondok Indah Jakarta Selatan. Mulai dari anak-anak, dewasa, orang tua, dan tak terkecuali panitia pelaksana.

Tim futsal SDIT Darul Abidin yang pada kejuaraan ini mengirimkan atlit-atlit terbaiknya, seperti Rafi, Angga, Ari, Fikri, Daus, Edo, Faiz, Rizky, dan Fakru, serta Haekal, Fari, dan Hafizh. Ketiga nama terakhir tak jadi ikut dikarenakan kelelahan setelah menjalani kegiatan  PASDA 2011 (Perkemahan Anak Shaleh Darul Abidin) di Kampung Tjaringin – Bogor. Kesemua pemain di atas mampu menampilkan permainan yang menarik dan atraktif sepanjang turnamen.

Pertadingan pertama

Skor 6-4 pada pertandingan pertama, dengan mengalahkan SD Bangka 07 pagi, menjadi titik tolak kebangkitan tim Futsal SDIT Darul Abidin. Tertinggal 2 kali terlebih dahulu dari SD Bangka 07 Pagi, tak membuat mental dan nyali mereka melemah. Terlebih mereka semakin termotivasi dan tertantang untuk memenangkan pertandingan. Dan akhirnya, melalui 1 gol dari kaki Rafi, Angga dengan 2 gol, dan Daus dengan 3 gol. Membalikkan keadaan menjadi 6-4 untuk kemenangan SDIT Darul Abidin.

Pertandingan kedua

SDIT Darul Abidin berhadapan dengan Runner up XY Kids Futsal Challenge 2009, yakni SD Darunnajah dan dengan gol-gol yang dibuat oleh Angga dengan dua gol, Fakru dan Edo 1 gol, serta Daus dengan 2 gol, anak-anakpun berhasil menghempaskan Runner up tahun 2009 ini dengan skor telak 6-1.

Pertandingan Ketiga (Perempat Final)

Pada  perebutan tempat di semifinal SDIT Darul Abidin berhasil unggul telak 6-0 melalui dua gol Rafi, dan 4 gol dari Daus, seakan menasbihkan mereka berdua menjadi duet tersubur sepanjang pertandingan. Di perempat final ini SDIT Darul Abidin berhasil mengalahkan SD Kebon Jeruk.

Babak Semifinal

Di babak semifinal SDIT Darul Abidin bermain cemerlang dan indah dengan satu dua sentuhan yang menawan. Pertandinganpun berjalan dengan ketat dan dramatis. Di menit akhir babak kedua SDIT Darul Abidin berhasil unggul 5-4, dan kemudian disamakan oleh pemain dari SD Dian Didaktika, hingga akhirnya kedudukan imbang sama kuat 5-5, Peluit tanda pertandingan berakhirpun berbunyi, menandakan pertandingan harus diakhiri dengan tos-tosan atau drama adu penalty, yang menjadi momok menakutkan bagi setiap pemain. Setelah undian koin, SD Dian Didaktika terpilih menjadi penendang pertama, dan penendang pertama merekapun berhasil mencetak gol dan merubah skor menjadi 6-5, selanjutnya Ari dipercayakan menjadi penendang pertama dan berhasil menjalankan tugasnya dengan baik dan merubah skor menjadi sama kuat 6-6. Setelah itu penendang kedua dari Dian Didaktika kembali mencetak gol dan merubah kembali skor menjadi 7-6, selanjutnya Angga sebagai algojo kedua Darul Abidin merubah keadaan kembali menjadi 7-7. Selanjutnya penendang ketiga Dian Didaktika tak berhasil menyarangkan bola kedalam gawang Darul Abidin yang dijaga oleh Fikri. Hingga skor masih sama kuat 7-7, selanjutnya penendang penentu dari SD Darul Abidin yakni Daus berhasil menyarangkan bola kedalam gawang dan merubah skor menjadi 8-7 untuk keunggulan Darul Abidin. Setelah kejadian ini, berlinanglah seluruh air mata anak-anak, dengan perjuangan dan pengorbanan, kerjasama, dan do’a. Mereka kembali di Final mengulang hal serupa di TMII pada kejuaraan futsal JSIT Futsal Cup Nasional. Dengan lolos kembali ke Final melewati drama adu penalty.

Waktu menunjukkan pukul 18.00 WIB, SDIT Darul Abidin berjumpa SD Kemanggisan di Babak Final. Bermain  dengan penuh semangat dan pantang menyerah, dipenuhi optimism tak mau mengulang final JSIT Nasional yang kelabu (red: menjadi runner up JIST Futsal Cup Nasional di TMII), mereka berhasil unggul 1-0 di babak pertama lewat aksi cantik Rafi dengan gol indahnya. Pada babak kedua, penulis dan P. Rozak melaksanakan sholat maghrib berjama’ah di musholla. Selesai sholat maghrib terlihatlah papan skor dengan keunggulan Darul Abidin dengan 2-0 terpampang. Selanjutnya pertandingan kembali berjalan sengit ketika Edo tanpa sengaja mengangkat kaki terlalu tinggi sehingga dihadiahi kartu kuning. Selanjutnya Angga merubah kedudukan lewat aksi cantiknya menyisir pertahanan kanan lawan dengan tendangan kerasnya yang berhasil merubah keadaan menjadi 3-0. Darul Abidin semakin diatas angin, dengan menurunkan Fakru menggantikan Rafi yang terlihat kelelahan, selanjutnya aksi cantik Daus melewati lawan terhadang dengan tekel dihadiahi tendangan bebas oleh wasit. Dengan kecerdikannya Daus mampu menyarangkan bola kedalam gawang melewati kaki sang penjaga gawang lawan, merubah kedudukan menjadi 4-0 untuk menutup malam dengan hasil sempurna.

Teriakan, euphoria, kegembiraan, hingga tangis haru bahagiapun terpancar dari wajah mungil Rafi, Angga, Fikri, Daus, dkk.  Penonton, panitia, official, pelatih, manager dan tak terkecuali orang tua Rafi yang sejak awal menunjukkan komitmennya dengan menyiapkan transportasi, dan tak jarang akomodasi, serta bersedia menjadi supir bagi mereka. Terima kasih tuk semuanya….

Terima kasih anak-anakku, kalian telah berusaha, berjuang dengan keras, kalianlah kebanggaan, ingat ini belum apa-apa, baru sebagian kecil dari cita-cita kita. Jangan besar kepala, teruslah berlatih dan belajar, Jangan lupa pula dengan ilmu pendidikan dan ilmu agama kalian. Terima kasih juga untuk P. Heri (Bizoy), Deni, Ozak, Rudi, sebagai tim pelatih dan official. Terima kasih tuk semuanya… Wassalam dan Allah bersama kalian… Amin.

No comments: