Lensa Darbi

Wednesday, October 19, 2011

Siswa Darbi Meraih Medali Perak Kontes Matematika Internasional

Ayra Safanah Insani kelas 5 Madinah, siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Darbi, berhasil meraih medali perak dalam lomba matematika tingkat internasional yang bertajuk "International Mathematic Contest" (IMC) 2011. Lomba digelar di Global Indian School Singapura, Sabtu 29/7/2011. Keikutsertaan siswa Indonesia dalam kontes ini atas prakarsa Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Bogor.


Kesuksesan Ayra (sapaan akrabnya) memperoleh medali di Singapura memang tidak terlepas dari kecintaannya pada mata pelajaran ilmu pasti ini. Ia mengemukakan, dalam perlombaan tersebut, dirinya membawa pulang medali perak dan berhasil menyisihkan ratusan peserta dari sepuluh negara di dunia.

Menurut anak yang punya hobi membaca dan membantu mamah tuk masak di dapur ini, persiapan mengikuti lomba telah dilakukan dengan semangat dan motivasi tinggi, ”Saya mengikuti masa karantina di Bogor, selama dalam masa karantina, saya rutin dan tekun untuk mengikuti bimbingan belajar yang diberikan para pembimbing”, jelasnya.

Kontes matematika berbeda dengan Olimpiade. Kontes matematika mengadu kemampuan siswa antarkelas. Siswa kelas 4 dan 5 SD mengadu kemampuan antar siswa di kelas yang sama dari semua negara peserta. Demikian pula dengan siswa kelas VII dan VIII berlomba untuk lomba kelas yang setara. Negara-negara yang mengikuti lomba tersebut adalah Singapura, Philipina, India, Indonesia, China, China Hongkong, China Taipei, Malaysia, Korea, dan Thailand.  
Ayra adalah putra dari bapak Bayu Tri Aksani dan ibu Riza Novianti yang bertempat tinggal di Jl. R. Sanim Rt. 4/01 Tanah Baru, Beji - Depok, Siswa kelas 5 Madinah ini juga baru saja menjuarai Fachrudin Ar-Rozi Competition (FRC), Menjadi juara Pertama pada lomba yang diadakan oleh Majalah Gontor  dan Klinik Pendidikan MIPA (KPM).
”Saya senang dan nervous dapat medali perak,”ucapnya.”Saya mendalami ilmu matematika yang telah diperoleh di sekolah (SDIT Darbi) dan ikut Club Math bersama Bu. Lily dan juga lebih rutin mengerjakan soal untuk persiapannya di IMC 2011," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDIT Darbi, Joko Gumilang, S.Pi. mengaku bangga dengan prestasi anak didiknya yang mampu meraih prestasi di tingkat internasional itu. "Kami berharap, prestasi Ayra dapat menjadi inspirasi bagi siswa lain. Kami akan lebih sering mengikutkan  siswa yang berbakat dalam setiap ajang-ajang lomba sains dan seluruh mata pelajaran. Ada banyak siswa kita yang berbakat dan berprestasi juara tingkat Depok dan Nasional, terima kasih untuk prestasinya Ayra, tetap semangat dan teruslah belajar”. mr


1 comment:

Al Ain said...

nah ini dia calon masa depan :)