Lensa Darbi

Tuesday, March 01, 2011

Perkemahan Anak Shaleh Darul Abidin (PASDA 2011)

Kampoeng Tjaringin - Bogor - Indonesia

24-25 Februari 2011, menjadi hari yang sangat menyenangkan dan membahagiakan bagi siswa-siswi SDIT Darul Abidin, khususnya siswa-siswi kelas empat sampai enam SDIT Darul Abidin. Kegiatan Perkemahan Anak Shaleh Darul Abidin (PASDA 2011) tahun ini, memang berbeda dari tahun sebelumnya. Dikarenakan karena tempat yang dipilih kini lebih mudah dijangkau dan menantang.

Berlokasi di Kampoeng Tjaringin (Bogor), PASDA 2011 menjadi ajang uji nyali, mental, berani, dan kedisiplinan bagi seluruh peserta. Dimulai pukul 08.30 WIB berangkat dari sekolah Darul Abidin, perjalanan cukup menyenangkan melewati udara dingin dan sejuknya pegunungan. Sorak-sorai selama perjalanan membuat mereka begiu menikmati akan indahnya perjalanan dan kegiatan yang akan mereka lakukan.

Tiba ditempat acara PASDA 2011 pukul 10.30 WIB. Para ketua regu langsung dikumpulkan untuk diberi pengarahan akan peraturan dan tata tertib perkemahan, tentu saja hal ini menjadi tanggung jawab pimpinan regu untuk menyampaikannya kepada anggota mereka. Beberapa regu tampak semangat dan antusias melaksanakan pesan,tata tertib, dan juga aneka kegiatan PASDA 2011.

Beberapa kegiatan lomba pada kegiatan PASDA 2011, diantaranya adalah: Menara Air, Menangkap Ikan, Perahu Nabi Nuh, Bermain tali, perang badar, dll. Sedangkan kegiatan outbond yang tidak dilombakan adalah merayap, spyder web, jembatan shirotol mustaqim, jembat bambu elvis, jembatan kering, dan banyak lagi kegiatan malam yang seru dan mengasyikkan.

Memulai acara dengan upacara pembukaan, lewat upacara bendera, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dikomandoi langsung oleh Bapak Kepala SDIT Darul Abidin, yakni Bapak Joko Gumilang, S.Pi. Upacara berlangsung khidmat, dan tertib.

Pembagian tenda dan istirahat, sholat, dan makan menjadi kegiatan berikut sehabis berbaris mengikuti upacara pembukaan. Selepas Sholat, istirahat, dan makan, mereka kembali bergulat dengan kegiatan dan permainan-permainan menarik dan menyenangkan yang tersebut di atas.

Beberapa siswa ada yang menangis ketakutan, senang kegirangan, dan ada juga yang malu-maluin....hehehe...

"Memang PASDA kali ini berbeda" seloroh salah seorang siswa, "kamar mandinya lebih nyaman dan bagus" sahut yang lain.

Selesai dengan seluruh permainannya, sekitar pukul 17.00 WIB, siswa-siswi dipersilakan untuk mandi dan bersih-bersih. Bersiap untuk sholat maghrib, almatsurat, dan makan malam di aula. Selanjutnya mereka kembali dengan kegiatan api unggun yang menghadirkan berbagai yel-yel, spontanitas, drama, tari, dan lagu,serta kreativitas dan aksi dari bapak guru mereka.

Seperti pak Arifin, Pak Mas'ud, Pak. Arif, dan Pak Maulana yang beraksi melewati api unggun dengan begitu mudahnya. Selepas acara api unggun, para pesertapun dipersilakan untuk istirahat malam (tidur) dan kan kembali berkegiatan di pagi hari pukul 04.00 WIB untuk melaksanakan kegiatan Tafakur alam, melewati berbagai pos, untuk mengambil pin PASDA 2011. Kembali ke Aula untuk melaksanakan Qiyamullail, Sholat subuh berjama'ah, dan almatsurat. Senam pagi dan sarapan menjadi kegiatan berikutnya.

Setelah itu upacara penutupan dan pemberian hadiah kepada para peserta lomba. Upacara penutupan dipimpin langsung oleh pak Joko Gumilang dan ditutup dengan do'a oleh Pak Ust. Ismail, S.Pd. Terimakasih tuk semua siswa-siswi, bapak/ibu guru, dan seluruh staf yang turut membantu terselenggaranya kegiatan PASDA 2011, semoga amal sholeh dan kontribusi yang kita berikan bermanfaat untuk generasi Islam yang membanggakan. Terima kasih semuanya... Wassalam. mr

No comments: