Lensa Darbi

Monday, November 09, 2009

XY Kids Futsal Challenge

SDIT Darul Abidin- Depok
Sabtu, 07 Nopember 2009 Tepat jam 06.40 WIB. Tim Darbi Power Futsal segera berangkat menuju lapangan Pro Arena Indoor Soccer - Futsal Jakarta Selatan. Dengan mengendarai mobil orang tua Rafi, Nandi, Emir, dan Rizki, tim berangkat dengan berharap kompetisi ini menjadi pengalaman berharga, mengingat inilah penampilan perdana Darbi Power Futsal di luar kota Depok. Terima kasih kami ucapkan kepada orang tua yang berpartisipasi aktif mendukung kegiatan ini, yakni orang tua Emir, Nandi, Rafi, Rizki, Bima, Panji, dan yang lainnya.

Kembali ke lapangan, Upacara pembukaan berlangsung meriah karena melibatkan 64 tim peserta, dan yang tak kalah menariknya adalah hadirnya Ahmad Dhani beserta ketiga anaknya, bahkan Al dan Dul bermain untuk sekolahnya BM 400 melawan Tarakanita, walaupun akhirnya kalah dibabak awal dengan skor 1-2.
Analisa Pertandingan
SDIT Darul Abidin bermain pada pertandingan keempat melawan Sekolah Kristen Lemuel II di lapangan satu, pada pertandingan ini, mental dan teknik anak- anak darbi power futsal diuji dengan zone marking yang dibuat oleh Lemuel II, namun hal ini tidak membuat Darbi Power Futsal (red:DPF) bermain terburu- buru, mereka bemain sabar dengan taktik passing yang indah, memanfaatkan kelemahan bek lawan yang telah berhasil memblok tendangan Khalis. Aflah berhasil menjaringkan bola untuk keunggulan DPF 1-0. Selanjutnya Khalis kembali mencetak gol kedua untuk DPF setelah bekerja sama dengan Fauzan dan Aflah. Peluit babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk DPF.
Kick off babak kedua tim pelatih memainkan pemain- pemain berbeda Dzaki, Hanif, Ari dilini belakang, serta Nandi, dan Rafi menjadi penggedor andalan dilini depan. Hanif mampu melepaskan tendangan keras yang mampu diblok kiper lawan namun bola rebound kembali dicocor oleh Rafi yang cerdik berhasil menceploskan bola, hingga merubah skor 3-0 untuk DPF. Setelah itu Nandi juga memberikan kontribusi golnya untuk keunggulan DPF 4 gol tanpa ampun mengalahkan SDK Lemuel II.
Saling hormat dan bersalaman menjadi menu penutup pertandingan penuh sportivitas dan pertandingan menarik tersebut. Kisah menarik pertandingan tersebut adalah ketika Hanif dan Aflah memainkan passing dasar diwilayah sendiri menunggu tim lawan merebut bola, hingga membuat penonton dan Hanif tertawa. Pertandingan cantik untuk keunggulan DPF ini mengangkat moril dan mental mereka untuk berbuat yang terbaik.

Pada pertandingan kedua DPF melawan SD Salsabila menurunkan beberapa pemain anyarnya di lapangan rumput sintetis. Emir, Bima, Affan, Angga dan Fikri ingin segera menyusul Aflah, dkk. Yang telah terlebih dahulu melaju kebabak 32 besar. Pada babak pertama pertandingan berjalan seimbang, walaupun serangan masih terus didominasi oleh Emir, dkk. Setelah peluit babak pertama usai tim pelatih menginstruksikan untuk lebih menyerang dan memanfaatkan kesempatan sekecil apapun.
Dan benar saja, Bima mampu memanfaatkan tendangan bebas dibabak kedua hingga merubah skor 1-0 untuk DPF memastikan diri menuju babak 32 besar, menyusul Aflah, dkk.

Babak 32 Besar
Dibabak 32 besar Aflah, dkk. kembali bermain melawan Mexico Petang, pertandingan berjalan sangat alot dan seimbang, kejelian strategi kedua pelatih akan menjadi kunci pada pertandingan ini, beberapa kali Khalis dan Fauzan melancarkan serangan, namun mampu dihalau oleh bek dan kiper lawan. Begitu juga dengan Rafi dan Nandi yang beberapa kali mengancam gawang Mexico Petang. Namun, hingga pertandingan usai skor kacamata tidak berubah. Pertandinganpun dilanjutkan dengan tendangan adu penalti.

Penendang Pertama DPF adalah Aflah, yang sebelumnya telah didaulat oleh panitia menjadi salah satu dari 10 orang pemain terbaik yang berhak menghadapi SSI Arsenal pada pertandingan exhibition. Aflah mampu menjawab kepercayaan pelatih untuk menjadi penendang pertama tim DPF hingga merubah skor 1-0 untuk DPF, penendang pertama Mexico Petang mampu diblok oleh Panji kiper DPF. Selanjutnya Hanif menjadi penendang kedua DPF, namun ia gagal mencetak gol setelah tendangannya melebar ke sisi kanan kiper lawan. Selanjutnya penendang kedua Mexico Petang mampu mengecoh Panji hingga membuat skor menjadi sama kuat 1-1.
Penendang ketiga DPF adalah Dika, yang akhirnya mampu mencetak gol untuk keunggulan DPF 2-1, penendang ketiga Mexico Petangpun akhirnya mampu diblok oleh aksi heroik Panji hingga membuat tim DPF berhasil unggul 2-1, memastikan diri lolos kebabak 16 besar.

Tim DPF yang lainnya, yakni Emir dkk, berganti kostum memakai seragam biru langit dan bermain di lapangan 2 rumput sintetis, melawan SD Abdi Siswa yang sebelumnya berhasil mengalahkan SD Al Azhar 8. Emir, Angga, Fikri, Bima, Affan, Faldi, Awil, dkk tak mampu menghadang keperkasaan SD Abdi Siswa, walaupun pertandingan berjalan menarik dan seimbang. Namun, fisik kiper DPF yang kecil mampu dimanfaatkan lawan mencukur DPF dengan skor 0-3.

Drama 16 Besar
Tim DPF yang digawangi oleh Panji, Khalis, Fauzan, Aflah, dan Dika kembali melawan tim- tim elit ibukota Jakarta dengan bertemu SD BHK Cibubur. Kali ini mereka bermain di lapangan 3 rumput sintetis, dibabak pertama Fauzan mempu mencetak gol hingga merubah skor 1-0 untuk keunggulan Darbi Power Futsal, namun permainan menyerang yang dikembangkan menjadi malapetaka ketika Aflah tak mampu mengejar striker lawan hingga membuat Panji kebobolan, 1-1 untuk kedua tim. Selanjutnya dibabak kedua Panji harus menangkap kaki pemain lawan di daerah terlarang, hingga membuat tendangan penalti untuk tim lawan dipenghujung babak kedua, membuyarkan harapan Darbi Power Futsal menjadi juara di XY KIds Futsal Challenge 2009 ini.

Permainan menarik selama pertandingan dan bertemu dengan kawan- kawan sekolah dasar lain di Jakarta menjadi pengalaman berharga untuk mereka kelak dimasa depan, dan sebuah undangan turnamen futsalpun hadir kembali kemeja pelatih yakni GREEN ANDARA CUP 2009. Akankah kita hadir kembali disana??? bersiaplah....
Kebanggan tersendiri juga didapatkan SDIT Darul Abidin dalam turnamen ini, karena menjadi wakil satu-satunya Kota Depok, dan pemainnya Aflah ditunjuk sebagai salah satu dari sepuluh pemain terbaik pilihan panitia, dari 64 tim dan 52 sekolah, Aflah terpilih bersama tiga orang pemain dari Kebagusan 3, yang akhirnya menjadi juara. Dan Kesepuluh pemain terbaik tersebut berhak untuk mengikuti pertandingan ekshibition melawan SSI Arsenal dan berhasil mereka kalahkan dengan skor 6-2, dan Aflah menjadi starter dalam pertandingan tersebut.

Semoga kebanggaan akan terus menaungi putra- putri tercinta SDIT Darul Abidin. Amiin.
Liputan langsung dari Lapangan Pro Arena Pondok Indah Jakarta Selatan oleh : Mr. Mansur


Susunan Pemain Darbi Power Futsal:
Khalis, Fauzan, Rafi, Nandi, Aflah, Hanif, Dika, Ari, Raihan, Dzaki, Panji.
Angga, Emir, Bima, Affan, Faldi, Rizky, Awil, Alief, Ara, Fikri, Fatih, Vierry.

No comments: