Lensa Darbi

Wednesday, October 21, 2009

Petualangan di Tambang Batubara

suasana penambangan batubara
SDIT Darul Abidin- Depok
Selasa tepat pukul 10.00 pagi, siswa- siswi SDIT Darul Abidin mulai dari kelas satu, dua, dan tiga menuju ruang Aula SMPIT Darul Abidin, untuk mendengarkan dongeng oleh kakak- kakak dari PT. ITM (Indo Tambangraya Megah) dengan tema: Petualangan di Tambang Batu Bara. Acara ini terselenggara atas kerjasama PT. ITM dengan SDIT Darul Abidin dengan tujuan memperkenalkan dan membangkitkan semangat siswa- siswi untuk mengenal lebih jauh usaha pertambangan, dalam hal ini pertambangan Batubara.

Dimulai dengan dongeng Petualangan di Tambang Batubara diperankan oleh, Bain, Eston, dan Minko yang ingin pergi kesebuah tambang batubara dan bertemu seorang insinyur pertambangan, di sana mereka diperkenalkan dengan alat - alat yang dibutuhkan untuk memulai pertambangan. Dimulai dengan pendeteksian areal tambang, pengeboran atau pengeboman areal tambang untuk memulai eksplorasi, selanjutnya menggali lubang- lubang (gua untuk memudahkan eksplorasi). Pengerukan tambang dengan eskavator, dan pengangkutannya dengan Dump Truck maupun dengan kapal laut.

Jadilah mereka mempunyai semangat untuk bekerja di pertambangan dan bercita- cita menjadi insinyur pertambangan. Wah, asyik yah jadi insinyur. Seusai pertambangan, areal yang telah rusak akibat eksplorasi selanjutnya ditanami pohon kembali agar fungsi aslinya kembali seperti semula dengan reboisasi (penanaman pohon kembali).
Penambangan dilakukan setelah perizinan diberikan dan pertama menggali tanah bagian atas kemudian di kumpulkan, setelah itu digali lapisan kedua, ketiga lalu pengambilan batubara. Setelah batubara diambil tanah pada galian ketiga ditimbunkan kembali ke dalam lubang, kedua dan ditimbun lagi dengan tanah paling atas yang subur tadi. Setelah itu dilakukan reboisasi atau penanaman pohon kembali atau dikembalikan sebagaimana fungsi aslinya.
proses eksplorasi tambang batubara

kolam tambang batubara

antusiasme siswa - siswi SDIT Darul Abidin


Dongeng Petualangan di Tambang Batubara

Bernyanyi bersama

dari ki-ka : Bu. Nur, Bu. Nung, Bu. Nurul, Bu. Diyana







Aku mau dapat hadiah....

coba kamu bisa ...


horee, aku dapat hadiah...



duh senangnya Fauzan dapat buku...










Demir dapat hadiah juga dong!!!




antri yah....

No comments: