Lensa Darbi

Wednesday, June 03, 2009

Sejajarkan Diri Dengan Nge-Blog

SDIT DARUL ABIDIN- DEPOK
Nge-Blog, kayaknya sudah menjadi gaya hidup banyak orang di seluruh dunia. Memiliki sebuah blog sangat relatif mudah ketimbang memiliki sebuah website. Sebuah blog dapat kita buat hanya dalam hitungan menit saja dan sudah langsung online. Berbeda dengan website yang agak lama untuk membuatnya online. Mulai dari daftar domain, administrasi, propagasi, upload file sampai mengelola dan menjaga agar website tetap sehat wal afiat. Memang dengan sebuah website kita memiliki keleluasaan untuk lebih berkreasi dengan menambahkan fitur-fitur yang bersifat komersil sekalipun. Tapi untuk personal sepertinya sebuah blog sudah sangat mencukupi.

Teringat tulisan seorang wartawan media masa, saya sedikit lupa apa ya nama surat kabarnya ? Dimana ia menceritakan ketika dagdigdug.com diluncurkan, ada seorang ibu berjilbab yang meinta diajarkan untuk membuat sebuah blog, ibu itu ingin anaknya memiliki sebuah blog agar anaknya dapat berekspresi dan menyampaikan pemikirannya ke seluruh dunia. Salut buat ibu itu, dengan usia yang mungkin cukup tua (maksudnya biasanya penggemar dunia dotcom adalah orang yang relatif muda) tapi memiliki pemikiran panjang kedepan, anaknya harus mampu menyampaikan segala pemikirannya ke seluruh dunia.

Internet memang merupakan sebuah jaringan broadcast global yang sangat murah meriah. Coba kita bayangkan, untuk menyebarkan pemikiran kita dengan menggunakan sebuah stasiun televisi, berapa dana yang harus di investasikan? Atau jika kita ingin menyebarkan pemikiran dengan menggunakan buku, coba berapa cost yang kita keluarkan untuk mencetak, mendistribusikannya sampai ke seluruh dunia?

Internet (baca blog) adalah sarana yang 3M, Mudah, Murah dan Meriah bagi kita yang memiliki kreatifitas dan pemikiran namun kesulitan untuk membagi/menyebarkannya dengan khalayak.
Siapapun kita, seorang guru, pelajar, pejabat, presiden, pejuang, politikus, aktivis, teknokrat ataupun rakyat jelata yang jeritannya kian lemah tak terdengar, mulai sekarang marilah kita bersama bersuara sekeras-kerasnya agar seluruh dunia mendengar. Atau singkatnya, Ayo kita nge-Blog agar dunia mendengarkan suara kita!
sumber dari: kakbayu

No comments: