Lensa Darbi

Wednesday, February 27, 2008

Jauhkan Anak Dari Narkoba

Rabu, 27 Februari 2008 - Depok
Kenakalan Remaja bahkan anak- anak sudah menjadi keprihatinan kita semua dimana mereka terjerumus kedalam perbuatan yang melanggar hukum, termasuk melanggar norma agama seperti penyalahgunaan zat adiktif dan narkoba.

Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK Ny. Susiyati Ma’ruf, dalam kehidupan keluarga sehari-hari para orang tua agar memberikan teladan dan mengawasi serta membimbing anak - anak mereka.

“Termasuk pendidikan agama di lingkungan di keluarga sangat penting untuk mencegah anak- anak agar tidak terjerumus pada narkoba. Upaya pencegahan sejak dini dalam keluarga seperti dengan memberikan perhatian, kasih sayang dan membimbing, mengawasi anak - anaknya,” jelas-nya,

Diatakannya, perhatian para orang tua misalnya, mengetahui siapa teman sebaya anaknya itu, baik yang berada di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Sebab bila terkena narkoba maka sulit diobati dan butuh ketekunan dan kesabaran orang tua dalam proses penyembuhannya karena memakan biaya dan waktu lama untuk penyembuhannya.

“Dampak pada mereka yang terkena narkoba otak menjadi rusak dan ketergantungan yang tinggi serta bersikap acuh terhadap orangtua dan lingkungan sekitarnya,” paparnya.
PKK sendiri, kata dia, dalam memerangi narkoba telah membuat surat edaran tentang upaya imbauan pencegahan narkoba dimasing-masing pengurus daerah PKK. Karena itu, diharapkan mereka bisa bekerjasama dengan badan narkotika propinsi maupun badan narkotika kabupaten/kota. (johara) [Harian Pos Kota]




No comments: