Lensa Darbi

Thursday, October 28, 2010

Belajar dari Malaysia

Tepat pukul 14.00 acara dimulai. Acara sempat molor dari waktu yang telah dijadwalkan. Sebelum acara dimulai, ruangan ditengarai oleh alunan musik klasik dan pop Islam yang dimainkan oleh pianis handal milik Darbi. Sosoknya tak asing lagi. Dengan kepiawaian jari-jemarinya, pianis tampan yang biasa dipanggil kak Azhar ini telah berhasil menyulap keadaan sehingga aula TK, Arqam Hall, menjadi hening namun penuh keceriaan.

Jeda. Tak lama setelah peserta berdatangan, acara dimulai. Seperti biasanya, acara dimulai dengan tilawah Al-Qur’an. Pada kesempatan ini dilantunkan oleh al-Akh Nurdin. Pundi-pundi ayat itu begitu menyentuh. Suara merdunya membuat para peserta hanyut. Qad aflahal mu’minun.... Ayat inilah yang dibacakannya.

Tilawah Al-Qur’an selesai. Acara diambil alih oleh Moderator, al-Akh Irfanudin. Sang Moderator menyampaikan bahwa acara yang dikemas menjadi Talk Show ini akan berbicara sekitar pengalaman belajar-mengajar yang diterapkan di Malaysia. Sebelum pembicara menyampaikan materinya yang dikerucutkan dengan judul “Classroom Management”, sang Moderator memperkenalkan pembicara dengan singkat. Beliau adalah Ustadz Abdul Malik salah satu pimpinan Sekolah Menengah Islam Al-Amin Kemaman Malaysia. Ini adalah kunjungan ketiganya ke Darul Abidin. Beliau ditemani 14 orang siswa dan 2 orang guru.

Ustadz Abdul Malik memulai sharing-nya dengan para peserta mengenai pentingnya Bahasa Inggris. Hal ini disampaikan berdasarkan pengalamannya mengajar dan belajar Bahasa Inggris. Menurutnya, bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar belumlah menjiwai Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi dunia. Padahal, sebuah bangsa, bisa dinilai besar/kecil dari persepsinya mengenai bahasa ini. Beliau menyebutnya dengan istilah sikap dan mentalitas. Dan hal ini amat terkait dengan worldview/maindset/tashawwur sebuah bangsa. Jika sebuah bangsa menganggap bahasa tidak penting maka lemahlah bangsa tersebut. Lebih jauh lagi dalam dunia pendidikan seperti lembaga pendidikan/sekolah, jika bahasa dengan sastranya tidak menjadi prioritas maka sekolah tersebut seperti tidak memiliki daya saing/nilai lebih. Akhirnya, beliau menutup pembukaannya dengan satu nasehat agar sekolah inipun mampu meningkatkan kwalitasnya dalam bahasa Inggris. Beliau memberi contoh dari hal-hal yang sangat sederhana, bahwa setiap guru harus tahu bahasa-bahasa sederhana/asasi dalam bahasa Inggris. Sambil mendekati seorang peserta beliau mencontohkan, dengan berkata, “What’s your name?”

Masuklah pada masalah inti, yaitu “Classroom Management”. Dari sekian hal yang disorotnya adalah, bahwa karakter/personality menempati posisi terpenting di dalam keberhasilan pembelajaran/pendidikan. Di Malaysia, lanjutnya, seseorang awam dengan sangat mudah membedakan personality seorang guru dari cara bersikap dan penampilannya. Seorang guru/cekgu harus menjadi pribadi yang pantas dicontoh. Jika nuansa perintah dilakukan, maka dirinyalah yang menjadi orang pertama yang melakukan perintah tersebut. Selain itu seorang guru juga harus mempopolerkan sensitifitasnya dengan kepeduliannya terhadap keadaan murid-muridnya. Menurut penelitian, guru termasuk profesi padat masalah, selain profesi tenaga kesehatan seperti dokter/perawat.

Masalah kedua yang tak kalah pentingnya, mengenai kedisiplinan. Titik dari masalah ini adalah, bagaimana membangun karakter siswa menjadi sangat baik. Baginya, keberhasilan sebuah institusi pendidikan tidaklah hanya dilihat dari baiknya peringkat/nilai siswa, tapi lebih dari itu adalah karakter sebagai central of value. Ustadz Abdul Malik pun menyampaikan, bahwa diantara letak keberhasilan problem kedisiplinan di Sekolah Al-Amin adalah, diterapkannya mentoring sebagai sebuah instrumen penguat dalam membentuk karakter siswa.

Acara Talk Show menjadi lebih menarik ketika sesi tanya jawab dibuka oleh moderator. Moderator mempersilahkan salah satu penanya. Penanya pertama bertanya tentang apakah Bahasa Inggris menjadi media pengajaran di setiap mata pelajaran di Malaysia?, kemudian pada tingkah menengah apakah siswa dan siswi digabung (ikhtilath) saat pembelajaran?. Mic pun dialihkan kepada penanya kedua, yang bertanya mengenai apakah kemampuan Bahasa Inggris menjadi syarat diterimanya seorang calon guru di Malaysia?

Sebelum Ustadz Abdul Malik menjawab satu persatu soal-soal tadi, moderator menambahkan, bahwa di Libya atau di negara Timur Tengah lainnya jumlah TKW jauh lebih banyak daripada pekerja di pelayanan publik seperti rumah sakit. Hal ini terjadi karena lemahnya kemampuan berbahasa, terutama Bahasa Inggris. Kita sebagai ummat Islam pun jangan sampai melupakan bahasa ibu, yaitu Bahasa Arab, dimana bahasa ini adalah sarana yang akan memudahkan kita melaksanakan agama Islam, sebab Bahasa Arab adalah bahasa pengantar Al-Qur’an dan Al-Hadits, tambahnya.

Mulailah Ustadz menjawab pertanyaan-pertanyaan, menurutnya, di Malaysia, khususnya di Al-Amin, Bahasa Inggris tidaklah digunakan sebagai bahasa pengantar dalam setiap mata pelajaran, kecuali pada materi Bahasa Inggris sendiri. Tapi di zaman pemerintahan Mahathir pernah diterapkan, bahwa buku-buku Matematika ditulis dengan berbahasa Inggris. Inipun imbas dari politisasi pendidikan, demikian hematnya. Dan Bahasa Inggris tidak mutlak menjadi syarat diterimanya seorang guru, kecuali bagi seorang guru Bahasa Inggris itu sendiri.

Mengenai penggabungan antara siswa dan siswa di sekolah menengah, beliau menyampaikan, bahwa di Al-Amin, tidak diterapkan pemisahan itu, tapi tetap digabungkan, hanya saja saat pengajaran berlangsung, yang siswa diposisikan pada posisi terdepan, dan siswinya di posisi belakang. Tapi penjagaan terhadap adab-adab Islami dalam bergaul begitu sangat ketat diterapkan. Beliau sempat mengkritisi, bahwa ada diantara siswanya yang berkomentar mengenai pola pergaulan antar jenis yang ada di Sekolah Islam Indonesia. Saat di kantin, siswa-siswi dengan leluasa bercengkerama pada satu meja tanpa batas. Lebih lanjut, menurutnya, para gurupun harus berdisiplin. Tidak melakukan sikap in-konsistensi, seperti satu sisi begitu tegas, tapi begitu longgar di antara sesama guru itu sendiri. Sebagai contoh, seorang guru pria tidak canggung berbicara dengan guru perempuan berlama-lamaan di sebuah tempat, apalagi sampai pulang bareng dengan saling berboncengan. Di Malaysia pun, diterapkan, bahwa tempat masuk siswa dan siswi dibedakan.

Penanya ketiga beralih kepada masalah pembangunan karakter, bagaimanakah sistem yang digunakan sekolah dalam rangka membentuk karakter siswa dan apakah ada materi khusus yang disampaikan? Sedangkan penanya terakhir, bertanya mengenai sistem penerapan hukuman cambuk/pukulan, dimana sebelumnya Ustadz Abdul Malik menyinggungnya.

Beliau menjawab pertanyaan ketiga, bahwa yang menjadi sistem pembentukan karakter siswa di Sekolah Al-Amin adalah dengan diterapkannya mentoring sebagai instrumen pengokohnya. Mentoring dilakukan dengan sangat sederhana. Dilakukan sekali dalam satu pekan. Lebih menitikberatkan pada masalah-masalah aplikatif, bukan teoritik. Model pengajaran dilakukan lebih evaluatif terhadap perilaku-perilaku siswa dalam sehari. Setiap siswa memiliki buku khusus berkenaan dengan evaluasinya, mulai dari masalah kedisiplinan perilaku sampai masalah ibadah. Dari masalah yang sangat besar sampai yang kecil sekalipun. Dari masalah yang terpenting sampai masalah yang penting.

Form evaluasi/mutaba’ah dibuat bertingkat, dimulai dari diri sendiri apakah melakukannya sampai pada kepeduliannya terhadap orang lain. Kepedulian kepada orang lain dilakukan sebagai upaya membanguun semangat dakwah. Sebagai contoh: 1. apakah Anda mengerjakan PR hari ini?; 2. apakah Anda mengajak orang lain untuk mengerjakan PR juga?. Contoh lain: 1. apakah hari ini Anda menonton TV?; 2. apakah acara yang Anda tonton hari ini berfaedah?; 3. apakah Anda mengajak orang lain untuk menonton acara yang berfaedah itu? Contoh lain: 1. apakah Anda menggosok gigi hari ini?; 2. apakah Anda mengajak orang lain untuk menggosok gigi hari ini?

Selanjutnya pada masalah hukuman. Di Al-Amin, katanya, hukuman fisik itu diterapkan sebagai cara terakhir di dalam membangun kedisiplinan siswa. Tentu penerapannya memiliki syarat-syarat, yaitu harus pimpinan/principal yang melakukannya dan pelanggaran yang dilakukan merupakan pelanggaran berat (seperti tidak sholat atau berprilaku/berkata lucah/pelecehan). Tausiyah, teguran, sampai sholat taubat yang dibimbing guru menjadi tahapan atau proses yang dilakukan pihak sekolah sampai akhirnya “terpaksa” harus mencambuk/ menghukum siswa dengan pukulan.

Tak terasa, ternyata jarum jam menunjukkan pukul 14.45, dan adzan telah berkumandang. Ustadz Abdul Malik pun menutup penyampaiannya dengan ucapan salam. Sebelum moderator menutup acara dengan do’a kafaratul majelis, dirangkumlah sebuah kesimpulan. Akhdzu mā shofa, wa tarku mā kadar (mengambil yang jernih, dan membuang yang kotor), demikian pendahulu kita mengajarkan. Semoga segala pelajaran dari Malaysia mampu menjadi inspirator dan dapat diamalkan.


Dilaporkan agar menjadi perenungan:
Abu Sabiq, Kelas PAI, 26 Oktober 2010, 11.45

Bencana Mengguncang Pertiwi

Photo: Getty Image/AFP

Email From : mukti imran act.mukti@gmail.com

Dear Sahabat Peduli,

Gempa bumi mengguncang Sumatera Barat, terjadi pada hari Senin, 25 Oktober 2010 jam 21.40 WIB dengan kekuatan 7,2 SR yang berpusat di kepulauan Mentawai di kedalaman 10 km. Gempa ini mengakibatkan Tsunami dengan ketinggian gelombang 3 s/d 7 m dan menyapu wilayah kepulauan Mentawai.

Terpantau Tsunami menimpa 10 Desa dengan rincian pengungsi di Kec. Sikakap, Desa Sikakap ada 150 KK, Desa Muara Taikako 100 KK. Kec. Pagai Utara, desa Silabu ada 150 KK. Kec. Pagai Selatan, Desa Malakopak ada 35 KK. Desa Sinakok ada 50 KK. Desa Malako 45 KK. Kec. Sipora, Desa Bosowa 125.

Data sementara dilaporkan 112 orang tewas, 502 orang Hilang di Mentawai.
Saat ini Tim Rescue Aksi Cepat Tanggap (ACT) sudah dilokasi sejak Selasa (26/10) pagi untuk membantu mengevakuasi korban yang meninggal dan yang masih hidup. Saat ini pengungsi sangat membutuhkan bantuan berupa bahan makanan, air mineral, selimut, obat-obatan, tikar, tenda, genset, perlengkapan wanita, perlengkapan bayi dan balita, juga susu bayi dan balita. Demikian Informasi terakhir yang dapat kami sampaikan. Kami harapkan kabar baiknya segera.

Bantuan dapat di salurkan melalui :
MANDIRI # 101 000 563 4264,
BSM # 101 000 5557
a/n Aksi Cepat Tanggapm
Careline : 021 74144822

Peduli adalah Solusi.
---
MUKHTI
ACT Foundation
Perkantoran Ciputat Indah Permai
Blok B-8, Jl. Ir. H. Juanda No. 50
Ciputat 15419
Telp. +62 21 741 4482
Fax. +62 21 742 0664
Hp 0856 9109 3645

Tuesday, October 26, 2010

Gerakan Ayo Qurban

klik gambar tuk perbesar...

BerQurban, benarkah hanya untuk orang kaya?

Ada dua kejadian yang cukup menggugah hati saya. Dan kalau ditarik ternyata ada benang merah yang saling terkait menghubungkannya. Kejadian pertama, saya baru selesai membaca buku difference for excellence karangan Ashoff Murtadha. Di dalam buku tersebut ada kata-kata yang cukup membuat saya terhenyak. Setidaknya, ini sudah mementahkan tulisan saya yang berjudul Antara Kultum dan Rule Model, salah satu artikel posting saya yang pernah saya tulis beberapa waktu yang lalu. Berikut saya kutip sedikit isi kata-kata dari buku tersebut:

“Untuk menolong si miskin, seseorang tidak perlu menunggu jadi kaya. Untuk menolong orang susah, ia tidak perlu menunggu hidupnya mudah. Untuk menolong orang bodoh, ia tidak perlu menunggu menjadi pintar dulu. Untuk melakukan kebaikan, ia tidak harus menunggu segala sesuatu pada dirinya sempurna dulu. Justru penyempurnaan akan dicapai saat kebaikan itu dijalankan. Penyempurnaan itulah yang akan terus berkembang bersamaan dengan berkembangnya amal kebaikan.”

Duh, saya benar-benar merasa tersindir, sedih dan nelangsa banget membaca kutipan kata-kata tersebut. Jujur, saya termasuk orang yang belum bisa berbuat banyak untuk bisa membantu orang lain. Saya selalu punya seratus satu alasan tiap kali hati ini tergerak untuk berniat membantu sesama. Ah, semoga anda tidak seperti saya, orang yang terlalu banyak berpikir kalau diminta berbuat kebajikan untuk membantu sesama.

Kejadian yang kedua, ini terkait dengan hari raya Idul Adha atau Idul Qurban, hari raya agama Islam yang akan dirayakan seluruh umat muslim, salah satunya termasuk saya, pada tanggal 27 November 2009 nanti. Ada seorang kawan hari Jumat lalu curhat kepada saya. Dulu dia berpikir-- pikiran yang sama seperti pendapat saya – bahwa seorang muslim yang diwajibkan berQurban adalah hanya orang yang sudah mampu saja. Dan definisi mampu disini gambarannya, bukan orang seperti dia yang masih menempuh kuliah, uang masih nodong minta orang tua setiap bulannya, tapi pastilah seseorang yang sudah bekerja dan paling tidak, kaya sehingga mampu untuk berQurban.

Suatu waktu di jaman kuliahnya dulu kawan saya menceritakan berniat akan berQurban karena disuruh oleh orang tuanya. Singkat cerita dia kemudian hunting ke desa-desa untuk mencari kambing buat Qurban. Akhirnya tiba lah dia di sebuah desa di kabupaten Bantul Yogyakarta. Dia mendapati seorang anak desa yatim miskin karena sudah ditinggal mati bapaknya. Anak tersebut punya beberapa ekor kambing yang siap dijual untuk dipakai berQurban. Kawan saya kemudian menceritakan berniat membeli satu ekor kambing yang paling besar diantara kambing lainnya. Tetapi anak tersebut menolak menjualnya. Teman saya kemudian bersikeras mencoba membujuk anak tersebut agar mau menjual kambing yang paling besar tersebut. Tapi anak tersebut tetap bersikeras menolak dan mengatakan: “Silahkan Bapak pilih kambing saya yang lainnya, Pak asal jangan kambing yang paling besar ini.”

Teman saya kemudian menawar: “Berapa harga yang kamu minta untuk kambing yang paling besar ini, Dik? Tolong sebutkan berapa, saya tidak akan nawar dan berapa pun harga yang kau minta saya akan bayar,” tegas kawan saya sedikit memaksa.

Anak tersebut tetap bersikukuh tidak mau menjual kambing yang paling besar tersebut. Selidik punya selidik kawan saya jadi makin penasaran apa yang menjadi alasannya sehingga anak tersebut kekeh, tidak mau menjual kambingnya. Dan inilah alasan anak itu, yang membuat kawan saya jadi tersentak kaget mendengar jawabanya. “Bapak, kambing ini tidak saya jual karena mau saya pakai buat Qurban saya sendiri.”

Betapa terkejutnya kawan saya tersebut mendengar jawaban polos anak tersebut. Anak yang masih kecil, melarat, yang baru menginjak umur belasan tahun, dan masih duduk di bangku kelas 5 SD, yang untuk hidup sehari-hari saja susah, kok ya mau berQurban? Apalagi ini kambing yang paling besar pula, yang tentu saja bagi kebanyakan orang yang mau sedekah tentu merasa eman-eman untuk memakainya buat Qurban. Mending dijual aja buat makan atau biaya hidup lainnya. Toh, dia masih bisa Qurban dengan kambing lainnya yang lebih kecil. Deg! Kawan saya tersebut langsung menangis terharu, tersentuh hatinya mendengar jawaban polos anak tersebut. Jawaban, yang sekali lagi sudah mementahkan pendapat saya dan pendapat dia juga, bahwa berQurban hanya dilakukan oleh orang-orang kaya dan dewasa saja.

Dari dua kejadian ini, setidaknya sudah ada dua kejadian yang merupakan sebuah teguran tuhan kepada saya bahwa untuk tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya, seharusnya saya tidak punya alasan lagi untuk menolak berQurban karena berbagai macam alasan.

Semoga cerita ini bisa sedikit menggugah hati anda. Dan harapan saya, meskipun anda yang baca tulisan ini bukan seorang muslim, terlebih seandainya iya, semoga anda bukan termasuk orang seperti saya, yang lupa kepada penciptaNya dan tidak mau berbuat baik membantu meringankan beban sesama, dengan salah satunya mau berQurban buat orang miskin di hari raya Idul Adha. Amin.

Selamat menyambut dan merayakan hari raya Idul Qurban, kawan!



Wednesday, October 20, 2010

Olahraga pagi hari...

Rabu pagi yang cerah ini, siswa-siswi kelas empat SDIT Darul Abidin melaksanakan kegiatan olahraga pagi yang dipimpin oleh pa. Ivan Pramujiana dan pa. Dadang. Dalam kesempatan kali ini, mereka melakukan  latihan pemanasan dan senam tubuh, berlari, dan menggerakkan anggota tubuh menjadi menu khas sehari-hari. Tetapi, ada satu kegiatan yang tak pernah mereka lupakan saat berolahraga adalah kegemaran bermain sepakbola atau futsal.




Latihan peregangan otot tubuh, Mengapa Apakah Peregangan Penting?


Peregangan sangat penting untuk tetap fit. Bahkan jika Anda adalah orang yang pergi ke gym secara teratur dan latihan secara berkala, Anda masih perlu melakukan latihan peregangan sehingga Anda dapat tetap fit. Latihan peregangan mempromosikan manfaat dari latihan. Peregangan bukanlah olahraga, tetapi merupakan bagian dari pekerjaan keluar.
   
Orang harus memahami perbedaan antara peregangan dan olahraga. Ini adalah bagian yang sangat penting dari pekerjaan keluar karena meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda. Ketika otot dan sendi tubuh yang fleksibel, Anda kurang rentan terhadap cedera.

Itu sebabnya kebanyakan instruktur olahraga merekomendasikan peregangan sebelum latihan. Ketika Anda meregangkan tubuh Anda, otot-otot cenderung melonggarkan, dan mereka pun siap untuk semua gerakan tubuh Anda mengalami. Sendi bergerak lebih mudah seolah-olah mereka dilumasi. Peregangan juga meningkatkan suplai darah ke ligamen dan sendi dan itulah sebabnya mereka lebih dilumasi. Latihan peregangan juga digunakan untuk pendinginan tubuh setelah sesi latihan. Sendi cenderung menjadi kaku karena les ini.

Biasanya latihan cenderung membuat tubuh kaku dan peregangan membantu mengurangi kekakuan. Ini meningkatkan energi dalam tubuh dan juga meningkatkan penurunan berat badan. Tubuh cenderung menggunakan energi m0ore daripada biasanya dan juga anda membakar lebih banyak lemak sebagai hasilnya. Peregangan disarankan untuk orang yang baru sembuh dari sakit otot dan nyeri sendi juga. Latihan peregangan dasar tetapi mereka mempercepat proses pemulihan.

sumber: scumdoctor

Monday, October 18, 2010

"Happening Art"

SDIT Darul Abidin - Depok.
Pembaca yang budiman, kegiatan dibawah ini adalah salah satu kegiatan siswa-siswi kelas dua SDIT Darul Abidin dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan kurikulum tematik. Bapak dan Ibu guru yang penuh dengan keseriusan dan persiapan matang melaksanakan tugas mengajar, dan mendidik siswa-siswi dengan penuh tanggung jawab. Kali ini di hari Senin, bertemakan "Happening Art". Selamat menyimak....

Web 3: Happening Art
Tema kegiatan sehari-hari

Scene 1: Kegiatan pagi hari (IPA: Kegunaan Benda)
Hari Senin, Didi bangun pukul 05.00 pagi. Didi segera merapikan tempat tidurnya, mandi pagi, dan sholat subuh. Kemudian Didi menyiapkan
perlengkapan sekolah, seperti pensil, buku tulis, penggaris, buku pelajaran, dan tugas dari guru yaitu membawa foto kenangan. Sebelum berangkat sekolah. Didi sarapan pagi bersama
ayah, ibu, dan UUn.
Ibu: "Ayo, sarapan.....!

Scene 2: perjalanan ke sekolah (Math: soal cerita)
Saat menuju sekolah, Didi dan Uun melihat ada penjual mangga. Penjual mangga itu membawa 2 keranjang mangga. Salah satu keranjang berisi 352 buah mangga dan keranjang lainnya berisi 128 buah mangga. Berapa ya jumlah seluruh mangga yang dijual?. Tidak lama kemudian, ibu Titin membeli mangga sebanyak 74 buah. Berapakah mangga yang masih tersisa?.

Scene 3: Di sekolah (IPS: Barang Kenangan)
Ketika belajar, bu. guru menanyakan tugas yang dibawa anak-anak, yaitu foto kenangan. Ibu guru meminta Didi untuk menceritakan kenangan tersebut. Setelah selesai membahas foto kenangan, bel pun berbunyi. Didi dan teman-teman pulang ke rumah masing-masing.

Scene 4: Di rumah (english)
Setelah di rumah, Didi dan adiknya, Uun, beristirahat tidur siang. Malam harinya, Didi dan Uun makan malam bersama keluarga. Sambil makan malam, mereka bercakap-cakap menggunakan bahasa inggris.

Uun          : "What are you doing, Didi?"
Didi          : "I am eating chicken soup, and what about you, Uun?"
Uun          : "I am eating an egg and drinking an orange juice."
Dad          : "Didi and Uun, look at the floor, Whaat is the cat doing?"
Didi          : "Oh,, the cat is sleeping"
Ibu           : "Okay,let's finish our dinner".
Didi & Uun : "Yes, mam...."
Uun          : "I feel sleepy after eating. May I go to my bedroom ?"
Didi, Dad, Mom: "You may, Good night..."

Akhirnya, Didi dan Uun pergi ke kamar masing-masing. Mereka beristirahat sampai sholat shubuh. Setelah itu merekapun melanjutkan kegiatan sehari-hari seperti biasanya.mr

Friday, October 15, 2010

Mengembalikan file yang hilang karena virus....

Salam pembaca yang baik, bagaimana kabar anda hari ini???
Sampai saat ini, penulis dikejutkan dengan hadirnya beraneka ragam Flash Disk, Hard Disk, maupun Removable Disk lain,  dari Bapak/Ibu guru yang terjangkiti virus, entah jenis H1N1, DBD, ataukah virus flu yang sekarang sudah agak lama tak terdengar. "Wong burung yang kena virus, kok ayam yang kena potong dan jadi sasarannya", ucap salah seorang Ustadz di kampung.

Kembali ke topik virus diatas, mari kita siapkan secangkir kopi hangat, dua buah roti gambang, dengarkan lagu terbaik dari playlist mp3 kita tuk menemani kerja seharian. hehehe.... beberapa antivirus yang penulis rekomendasikan untuk menghapus virus yang beredar adalah dengan SMADAV 8.3, walaupun dengan SMADAV 8.3 ini dapat terdeteksi virus, tapi tak sempurna membersihkan virusnya, kelebihannya ialah SMADAV dapat mengembalikan file yang di hidden oleh virus.

Anti virus kedua adalah, Mcafee versi baru dapat langsung men-detect dan mengembalikan file yang di hidden oleh virus, kelemahan dari Mcafee adalah program yang agak berat dibandingkan SMADAV yang telah familiar dengan user lokal. hehehe....

Dari kedua jenis anti virus diatas coba juga cara lain untuk mengembalikan file yang di-hidden oleh virus dengan langkah sebagai berikut: Klik Start....Run.......cmd....D: tekan enter lalu di D:/ ketikkan attrib –s –h *.* /s /d

Selamat mencoba....
Hasil rekomendasi diatas adalah rekomendasi pribadi penulis, silakan komentar dan berikan saran juga kritik anda demi kemajuan blog SDIT Darul Abidin. Terima kasih....mr

Thursday, October 14, 2010

JADI EDISON, SIAPA TAKUT!

Diposting oleh:Rumah Dunia

Oleh Gola Gong
Suatu hari, anak kedua saya; Abi (6 tahun) menangis karena jempol tangan kirinya tersayat pisau. Saya menasehati dia, bahwa peristiwa ini adalah pengalaman berharga baginya, sehingga di waktu yang akan datang jika memegang pisau akan hati-hati. Kakaknya, Bella (7 tahun) langsung merespon, “Abi, pengalaman kamu ini bisa kamu tulis, dibikin cerita, terus dapat uang.”

GIGIH
Ya, pengalaman sehari-hari bisa menjadi inspirasi bagi kita menulis cerpen atau novel. JK Rowling si “tukang sihir” berpesan, bahwa tuliskanlah sesuatu yang dekat dengan kita. Saya juga begitu. Tapi, tetap dengan riset ke lapangan (field research); melakukan observasi dan wawancara atau di rumah saja (desk research), membaca buku dan menjelajahi internet. Kita tahu, JK Rowling ketika menulis Harry Potter melakukan dua hal itu untuk memperkuat latar tempatnya; sekolah Howgart yang menyihir puluhan juta pembaca dimanapun berada.
Lantas bagaimana memulai menuliskannya? Para (calon) pengarang pemula selalu merasa takut ketika hendak memulai menuliskannya. Ide sudah didapat. Sinopsis sudah dibuat. Para tokoh dan karakter komplet. Konflik aduhai. Ending mengejutkan atau menggetarkan. So, menunggu apa lagi? Thomas Alfa Edison, penemu listrik itu, mengalami kegagalan sebanyak 9000-an kali. Tapi dia tidak kapok-kapok. Apa kata dia? “Itu berarti saya jadi mengetahui, bahwa ada 9000 jenis materi yang jika digabungkan tidak bisa menghasilkan listrik!” Apa yang akan terjadi jika Edison menyerah? Tidak akan ada listrik di bumi ini! Artinya, menulis adalah pekerjaan yang membutuhkan ketekunan seperti seorang Edison, gigih, kesungguhan hati, kekerasan hati, dan tentu kerja keras. Gagal dengan tulisan, menulis lagi.
Jika menulis diibaratkan kita sedang menaiki sepeda motor, membaca buku adalah bensinnya. Di kelas menulis Rumah Dunia, 4 ketrampilan berbahasa adalah prosedur yang harus ditempuh jika ingin bisa menuangkan gagasan dalam bentuk karangan. Pertama, dia harus mau mendengar, berbicara, membaca, dan akhirnya menulis. Keempat hal ini adalah prasarat utama sebelum kita betul-betul menjadi pengarang profesional. Dan jurnalistik adalah modal awal menuju sastra.

BERANI
Sekedar berbagi pengalaman. Setiap pagi saya berangkat kerja dari tempat kos di daerah Kebon Jeruk melewati gang-gang sempit. Kesempatan ini saya pergunakan juga untuk riest lapangan. Saya memperhatikan sekeliling. Tembok-tembok mengungkung dengan pintu kecil sebagai jalan tembus, dibuka jam 06.00 dan ditutup jam 22.00 WIB. Jika melewati jam itu, semua orang harus memutar jika ingin pulang. Di parkiran gedung, saya biasa membeli sarapan bungkus dari lelaki setengah baya. Sambil membeli sarapan, saya melakukan wawancara. Saya perhatikan sepedanya yang sudah tua. Di jok belakangnya ada dua kotak besar seperti para penjual koran. Di dalam dua kotak itulah puluhan nasi bungkus disimpan.
Lantas ketika saya hendak menuliskannya, janganlah terlalu banyak berpikir ini-itu; khawatir kosa kata kita tidak bagus. Tuliskan saja. Jangan takut. Jika ada batu menghadang, hantam saja. Artinya, mengawali menulis itu perlu keberanian. Bahkan keberanian melawan perasaan takut salah. Bacalah saat saya menuliskannya di buku harian:
Pak Adil menuntun sepeda gunung tuanya di gang perkampungan. Tangan kanannya memegangi kotak besar yang diikatkan di boncengan dan tangan kirinya mencengkram stang sepeda. Di kotak besar itulah selama 7 tahun hidup diri, anak, serta istrinya bergantung. Di sisi kanannya tembok tinggi pembatas sebuah perusahaan besar, yang dibatasi oleh selokan selebar 2 meter. Jika hujan lebat, kampungnya akan kebanjiran setinggi lutut. Kampungnya persis terkurung di tengah-tengah perkantoran dan pertokoan. Untuk mencapai jalan raya, pihak menejemen pertokoan membuatkan pintu masuk, yang dibuka pada jam 6 pagi dan ditutup jam 10 malam. Jika pintu ini ditutup, mereka harus memutar sejauh 2 kilometer.
Kemudian catatan di buku harian itu jadi kalimat pembuka cerpen saya ; Pak Adil Mencari Keadilan (dimuat di Republika Minggu, April 2005). Begitulah saya mengawalinya. Tuliskan saja apa yang kamu alami, lihat dan rasakan. Saya melewati “proses menjadi” pedagang nasi bungkus itu. Bukan sebagai diri saya yang melihat dan merasakan saja. Inilah saat yang tepat ketika berpikir; bahwa saya memutuskan “sudut pandang” (point of view) dari cerita fiksi yang akan ditulis sebagai pedagang nasi bungkus yang saya namai “Pak Adil” (unsur “who”). Selebihnya, sayap-sayap imajinasi saya yang berperan.
BERTANYA
Dengan menggunakan formula 5W + 1H, saya selalu memulai hari dengan bertanya. Ya, bertanya bagian dari riset lapangan juga. Jangan pernah malu bertanya, jika tidak ingin tersesat. Dengan bertnya, saya mendapatkan informasi tentang banyak hal. Apa saja. Misalnya suatu hari, saya jalan pagi di pasar Klewer, Solo. Saya melihat banyak peristiwa. Ada yang menyapu jalan, membuka toko, dan mbok-mbok nasi liwet di emperan toko. Lagi-lagi saya harus menentukan sudut pandang. Harus ada “proses menjadi”. Saya tidak ingin hanya menuliskan “saya” yang “merasakan”, tapi saya “harus menjadi” pedagang nasi liwet.
Hal pertama yang saya lakukan adalah sarapan pagi di sana dan melakukan wawancara ringan, agar muncul empati di dalam jiwa saya. Langkah awal, saya menuliskannya di buku harian sebelum mempunyai waktu cukup untuk menuliskan ulang dalam bentuk cerpen. Saya mencoba menggunakan sudut pandang “aku” pedagang nasi liwet. Dengan “proses menjadi” pedagang nasi liwet ada semacam tantangan. Bacalah paragraf pembuka cerpen saya; Kidung Pagi di Pasar Klewer (Republika Minggu, Januari 2004):
Aku letakkan bakul berisi nasi liwet, beberapa potong ayam, telor, kanil di teras toko. Hari masih pagi benar. Toko-toko buka nanti jam sembilan. Beberapa anak jalanan yang suka nge-lem masih malas bergeletakan di emperan toko. Tubuh mereka yang penuh daki jalanan dan berbalut celana rombeng, diselimuti kain spanduk. Beberapa mas becak juga meringkuk seperti kucing dengan menyesuaikan luas ruangan untuk penumpang di becaknya. Bunyi adzan shubuh rupanya tak membangkitkan seleranya untuk pergi ke mesjid Agung di sebelah barat alun-alun keraton. Beberapa mobil angkutan kota berwarna kuning melintas. Pasar Klewer juga masih sepi. Sangat berbeda dengan suasana selepas jam delapan pagi. Penuh sesak dengan manusia….
Dari sudut pandang “aku” (who) saya menyertakan juga unsur “where” (latar tempat di Pasar Klewer, Solo). Bahkan ada “who” yang lain, seperti tukang becak dan anak jalanan yang suka nge-lem (menghirup aroma alkohol dari lem agar mabuk). Nah, tidak perlu takut lagi ‘kan? Edison saja 9000 kali gagal! Masak kita kalah!
***
Rumah Dunia, 25 November 2005
*) Dimuat di rubrik “Bengkel Cerpen Annida”, Edisi 15 Desenber 2005.
*) Foto: Abi, anak keduaku yang berumur 6 tahun, sedang menggenggam novel-novelku.(dok.pri)

Tuesday, October 12, 2010

Persiapan ujian tuk kamu-kamu…

• Ketika kamu melakukan ujian, kamu sedang mendemonstrasikan kemampuanmu dalam memahami materi pelajaran, atau dalam melakukan tugas-tugas tertentu.

• Ujian memberikan dasar evaluasi dan penilaian terhadap perkembangan belajarmu.

• Ada beberapa kondisi lingkungan, termasuk sikap dan kondisimu sendiri, yang mempengaruhimu dalam melakukan ujian.

Sepuluh tips untuk membantu kamu dalam mengerjakan ujian:

• Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.

Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

• Tenang dan percaya diri.

Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik.

• Bersantailah tapi waspada.

Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak.

• Preview soal-soal ujianmu dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas)

Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

• Jawab soal-soal ujian secara strategis.

Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kamu ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya kamu kerjakan adalah: soal paling sulit, yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya, memiliki nilai terkecil.

• Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.

Mula-mulai, abaikan jawaban yang kamu tahu salah. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kamu tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan.

• Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.

Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis. Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kamu diskusikan dulu.

• Ketika mengerjakan soal ujian esai, jawab langsung poin utamanya.

Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama. Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu. Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetil. Dukung poinmu dengan informasi spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.

• Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.

Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

• Analisa hasil ujianmu.

Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu. Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah. Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.

________________________________________
Sumber dari: Link ini http://yruntulalo.wordpress.com/

Monday, October 11, 2010

Ujian Tengah Semester 2010

Salam pembaca yang budiman. Pada awal tahun pelajaran 2010/2011 ini, siswa- siswi mempunyai hajat besar, yakni: UTS (Ujian Tengah Semester) yang dilaksanakan mulai tanggal 11-15 Oktober 2010. Adapun beberapa pelajaran utama yang di UTS-kan kali ini adalah Bahasa Indonesia, Matematika, IPS, IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Sunda, PAI, dan lain-lain.

Kegiatan UTS kali ini, siswa- siswi SDIT Darul Abidin pulang lebih cepat dari jadwal semula, yakni pukul 12.30 WIB. Semoga UTS kali ini mampu menjadi tolak ukur keberhasilan siswa hingga mampu memberikan hasil terbaik untuk siswa-siswi SDIT Darul Abidin.
Adapun pembagian raport tengah semester akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 Oktober 2010. Mulai pukul 08.00-11.30 WIB.

Teriring do’a dan salam kepada ayah/bunda semoga masih tetap dalam lindungan-Nya. Mari bersama-sama kita berdo’a semoga siswa-siswi kita menjadi generasi pembawa kebaikan dan penerus para pejuang yang membanggakan, di dunia maupun di akhirat. Amin.mr

Monday, October 04, 2010

Selamat Hari Guru Sedunia

Besok, 5 Oktober adalah tanggal dimana hari GURU sedunia ditetapkan, Dalam kaitannya dengan peringatan Hari Guru ini saya teringat dengan tulisan Steve Brunkhorst yang berjudul The Teachers I Will Always Remember (http://www.goal-setting-guide.com/articles/inspirational/InspiringValuesofTeachers.html) yang saya sadur berikut ini. Kita semua ingat guru yang spesial—orang yang tidak hanya mengajarkan kita, tetapi juga mengilhami dan mengubah hidup kita. William Arthur Ward pernah berujar “Guru yang biasa-biasa saja memberitahu. Guru yang baik menjelaskan. Guru yang unggul mendemonstrasikan. Guru yang istimewa mengilhami.” Berikut adalah lima hal penting yang dilakukan para guru yang tidak terlupakan.
• Pertama, mereka mengajarkan arti penting belajar dan pengetahuan. Guru seperti ini sangat antusias mengenai pelajaran yang mereka ampu. Namun, mereka tidak sekadar memberikan pengetahuan. Mereka menunjukkan bagaimana belajar dapat meningkatkan kreativitas, menggugah minat, dan menguak bakat. Mereka menanamkan rasa ingin tahu dalam diri peserta didik dan mematri keinginan yang tak pernah pupus untuk terus belajar.
• Kedua, mereka mengajarkan nilai-nilai kehormatan. Mereka memperlakukan orang lain dengan sikap hormat yang tulus. Mereka menjelaskan betapa kata-kata yang baik, dan adakalanya diam, dapat mencegah timbulnya pertikaian yang menyakitkan dan dapat mengubah musuh menjadi teman. Mereka mengajarkan pentingnya sikap hormat bagi masyarakat dan juga bagi individu.
• Ketiga, mereka mengajarkan pentingnya integritas. Mereka menunjukkan empati terhadap mereka yang sedang sakit atau mengalami musibah. Mereka akan berusaha keras untuk dapat memberikan bantuan. Etika mereka mengilhami para murid untuk berani menghadapi tantangan kehidupan dan melakukannya dengan penuh kejujuran, kehormatan, dan harkat diri.
• Keempat, mereka mengajarkan tanggung jawab. Mereka mengajarkan bahwa setiap tindakan mengandung konsekuensi dan orang yang melakukannya bertanggung jawab atas pilihan tindakannya. Mereka menekankan untuk tidak gampang menyalahkan orang lain. Mereka mengajarkan bahwa setiap murid akhirnya bertanggung jawab atas pembelajarannya sendiri dan dampaknya bagi kehidupan mereka di kemudian hari.
• Kelima, mereka mengajarkan pentingnya keteguhan hati dan kesabaran. Mereka mengajarkan bahwa pendidikan berlangsung sepanjang hayat. Mereka bercerita tentang masa-masa sulit yang mereka hadapi dan betapa Tuhan telah mengubah kesulitan itu menjadi berkah. Mereka mengajarkan murid mereka untuk tidak gampang menyerah. Mereka mengajarkan bahwa keyakinan adalah jaminan untuk hal-hal yang belum terwujud.

Tidak semua guru yang mengilhami ini mengajar dalam kelas formal. Boleh jadi pendidikan formal mereka pun belum memadai dan mungkin juga belum memperoleh sertifikat sebagai pendidik. Sebagian dari mereka boleh jadi masih mengajar dalam usia yang tidak muda lagi, tetapi pendidikan yang mereka berikan tidak ternilai harganya. Saya percaya bahwa hadiah paling berharga yang dapat kita berikan kepada anak-anak kita adalah nilai-nilai yang sama seperti yang dilakoni oleh para guru yang tak terlupakan itu. Nantinya, kitapun boleh berbesar hati dengan harapan bahwa anak-anak kita juga akan menjadi guru yang tak terlupakan, sekalipun mereka tidak berprofesi sebagai guru, dengan berbagi nilai-nilai yang mengilhami kebahagiaan dan keyakinan bagi generasi masa depan.

Saya ingin menutup catatan saya hari ini dengan lirik hymne guru yang berjudul Pahlawan Pembangun Insan Cendekia (judul semula Pahlawan Tanpa Tanda Jasa diciptakan oleh Sartono), yang dinyanyikan dengan sangat menyentuh hati.

"Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
S’bagai prasasti trima kasihku tuk pengabdianmu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan pembangun insan cendekia"

Selamat Hari Guru Sedunia, kepada Seluruh Guru di Seisi dunia, juga kepada Bapak/Ibu Guru SIT Darul Abidin khususnya, semoga tambah berkah dan dalam petunjuk-Nya, hingga bukan hanya menjadi teladan tapi juga menjadi pencerah dan pendidik penghasil generasi terbaik. Amin.
Oleh Agus Dharma, SH, Ph.d
(Agus D’Willy, Mansur)

Manajemen Pelatihan

Mau Baca Buku Manajemen Pelatihan, silakan klik link dibawah ini....
BACA BUKU

Friday, September 24, 2010

Praktek Science yang Menyenangkan

SDIT Darul Abidin - Depok
Jum'at, 15 Syawal 1431 H atau tepat pada tanggal 24 September 2010. Siswa kelas 3 SDIT Darul Abidin melaksanakan kegiatan praktek ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan tema perubahan bentuk benda, dalam hal ini yakni  praktek benda padat ke benda cair. Bahan- bahan yang digunakan pada kegiatan ini adalah 
1. Coklat
2. Coklat Putih
3. Mentega Cair (Unsalt Butter)
4. Air

Adapun peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan adalah: kompor, panci besar, panci kecil, wadah coklat, sendok dan garpu. 

Langkah Kerja:
1. Pertama- tama nyalakan kompor, kemudian panaskan air hingga mendidih 
2. Setelah itu masukkan panci kecil sebagai tempat coklat dan mentega tawar, kemudian masukkan coklat dan mentega tawar ke panci kecil  (proses ini disebut: proses tim)
3. Panaskan coklat dan mentega tawar padat hingga berubah menjadi benda cair.
4. Setelah coklat mencair, masukkan coklat mencair tersebut ke dalam wadah coklat yang telah tersedia.
5. Simpan hingga coklat kembali mengering dan panasnya hilang. 

Setelah kegiatan tersebut, siswa kelas tiga (3) SDIT Darul Abidin mengisi worksheet yang telah disiapkan oleh ibu guru mereka, yakni Bu. Siska dan Bu. Neli. Kemudian mereka segera mencicipi coklat yang mereka buat. ehmmmm... Yummmy.... Senangnya belajar dengan praktek.

Semoga praktek ini bermanfaat dan menyenangkan yah..... mr

Wednesday, September 22, 2010

Mengapa Kita Membaca AlQuran Meskipun Tidak Mengerti Satupun Artinya?

Seorang muslim tua Amerika tinggal di sebuah perkebunan/area di sebelah timur Pegunungan Kentucky bersama cucu laki-lakinya. Setiap pagi Sang kakek bangun pagi dan duduk dekat perapian membaca Al-qur’an. Sang cucu ingin menjadi seperti kakeknya dan memcoba menirunya seperti yang disaksikannya setiap hari.

Suatu hari ia bertanya pada kakeknya : “ Kakek, aku coba membaca Al-Qur’an sepertimu tapi aku tak bisa memahaminya, dan walaupun ada sedikit yang aku pahami segera aku lupa begitu aku selesai membaca dan menutupnya. Jadi apa gunanya membaca Al-quran jika tak memahami artinya ?

Sang kakek dengan tenang sambil meletakkan batu-batu di perapian, memjawab pertanyaan sang cucu : “Cobalah ambil sebuah keranjang batu ini dan bawa ke sungai, dan bawakan aku kembali dengan sekeranjang air.”

Anak itu mengerjakan seperti yang diperintahkan kakeknya, tetapi semua air yang dibawa habis sebelum dia sampai di rumah. Kakeknya tertawa dan berkata, “Kamu harus berusaha lebih cepat lain kali “.

Kakek itu meminta cucunya untuk kembali ke sungai bersama keranjangnya untuk mencoba lagi. Kali ini anak itu berlari lebih cepat, tapi lagi-lagi keranjangnya kosong sebelum sampai di rumah.

Dengan terengah-engah dia mengatakan kepada kakeknya, tidak mungkin membawa sekeranjang air dan dia pergi untuk mencari sebuah ember untuk mengganti keranjangnya.

Kakeknya mengatakan : ”Aku tidak ingin seember air, aku ingin sekeranjang air. Kamu harus mencoba lagi lebih keras. ” dan dia pergi ke luar untuk menyaksikan cucunya mencoba lagi. Pada saat itu, anak itu tahu bahwa hal ini tidak mungkin, tapi dia ingin menunjukkan kepada kakeknya bahwa meskipun dia berlari secepat mungkin, air tetap akan habis sebelum sampai di rumah. Anak itu kembali mengambil / mencelupkan keranjangnya ke sungai dan kemudian berusaha berlari secepat mungkin, tapi ketika sampai di depan kakeknya, keranjang itu kosong lagi. Dengan terengah-engah, ia berkata : ”Kakek, ini tidak ada gunanya. Sia-sia saja”.

Sang kakek menjawab : ”Nak, mengapa kamu berpikir ini tak ada gunanya?. Coba lihat dan perhatikan baik-baik keranjang itu .”

Anak itu memperhatikan keranjangnya dan baru ia menyadari bahwa keranjangnya nampak sangat berbeda. Keranjang itu telah berubah dari sebuah keranjang batu yang kotor, dan sekarang menjadi sebuah keranjang yang bersih, luar dan dalam. ” Cucuku, apa yang terjadi ketika kamu membaca Qur’an ? Boleh jadi kamu tidak mengerti ataupun tak memahami sama sekali, tapi ketika kamu membacanya, tanpa kamu menyadari kamu akan berubah, luar dan dalam.
 
 Sumber: dudung.net

Monday, September 20, 2010

Keluarga Besar SDIT Darul Abidin 
Mengucapkan:
Taqobbalallahu Minna Wa Minkum
Taqobbal Ya Kariim
Kullu Amin Wa Antum Bi Khoir

Minal 'Aidin Wal Faidzin
Mohon Maaf  Lahir dan Batin
Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1431 H
Semoga Ibadah Ramadhan kita diterima di sisi-Nya
Diampuni segala dosa dan kesalahan kita, dan diberikan keberkahan malanjutkan kehidupan dunia.
Amiin

Wednesday, September 01, 2010

BAKSOS 1431 H DARUL ABIDIN

SDIT Darul Abidin - Depok
Sabtu pagi yang cerah, Bapak/ibu guru, karyawan, dan orang tua murid SIT Darul Abidin melaksanakan hajatan besar, yakni Bakti Sosial SIT Darul Abidin dalam rangkaian kegiatan sosial SIT Darul Abidin dalam menyemarakkan bulan suci Ramadhan. Pada Ramadhan kali ini mereka seperti tahun- tahun sebelumnya melaksanakan berbagai acara kepedulian seperti Bazaar Barang Bekas Berkualitas, Pengobatan gratis berkerjasama dengan BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia), Sembako Murah dengan menukarkan uang Rp. 5.000,- dengan perpaket berisi Beras 2 Lt, Minyak 1 Lt, Mie Instan 5 Buah, dan Gula 1 Kg. Jumlah seluruh sembako yang diberikan kepada yang membutuhkan sebanyak 800 paket sembako.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB untuk pengobatan gratis, dan pukul 09.00 WIB untuk Bazaar, serta pukul 10.00 WIB untuk pemberian sembako dan keseluruhan kegiatan tersebut berakhir pada pukul 12.00 WIB. 

Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh bapak/ibu guru, karyawan, siswa-siswi, serta seluruh orang tua wali murid, baik yang tergabung dalam komite sekolah maupun dalam koordinator kelas yang telah banyak berjasa memberikan sumbangsihnya baik materi,  tenaga dan pikiran untuk suksesnya acara Baksos SIT Darul Abidin. Semoga Allah memberikan kebaikan yang banyak di dunia dan akhirat Amiin.

Berikut beberapa jepretan kamera dalam kegiatan  BAKSOS 1431 H:


Monday, August 30, 2010

Simaklah Kajian Metafisika tentang Lailatul Qadar

Simaklah Kajian Metafisika tentang Lailatul Qadar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sebagaimana dimaklumi bersama, Lailatul Qadar adalah sebuah fenomena yang penuh dengan misteri. Kapan waktunya tak ada kepastian tentang hal tersebut. Namun demikian, ada beberapa pakar dan ahli fisika mencoba menghitung kemukjizatan Lailatul Qadar itu dengan ilmu fisika.

Dalam ilmu fisika, kecepatan cahaya sama dengan 300 ribu kilometer per detik. Bila dikonversi ke menit, sama dengan 18 juta kilometer per menit. Jika dikalikan dengan satu jam, menjadi 1.080 juta kilometer per jam. Jika angka tersebut dikali dalam sehari semalam (24 jam), hasilnya sama dengan 25.920 juta kilometer. Kemudian, jika dikali dalam sebulan (30 hari), hasilnya sama dengan 777.600 juta kilometer. Jika seribu bulan, berarti sama dengan 777.600 miliar kilometer.

Lalu berapakah kecepatan cahaya rohani dalam versi metafisika? Albert Einstein, bapak fisika modern dan penemu teori relativitas menyebutkan, kecepatan cahaya energi adalah E=MC2 (2 adalah kuadrat). E adalah energi, M adalah massa sebuah benda, dan C adalah kecepatan konstan cahaya. Inilah yang kemudian disebut dengan teori fisika quantum.

Adapun teori quantum diungkapkan oleh Max Planck (1858-1947), Neil Borth (1885-1962), dan Wener Heisenberg (1901-1976). Mereka mengatakan, quantum adalah bagian elementer terkecil bersifat gelombang energi. Pergerakan quantum bukan linier memanjang sambung-menyambung, tetapi berupa loncatan quantum.

Dengan demikian, kecepatan cahaya rohani sama dengan 30 ribu triliun kilometer per detik. Jika cahaya biasa dalam seribu bulan kecepatannya sama dengan 777.600 miliar kilometer, kecepatan cahaya rohani per detik dalam seribu bulan mencapai 38.580,24691358024691358024691358 kilometer, yang menandakan lebih baik dari seribu bulan.

Sementara itu, kecepatan malaikat naik menghadap Allah dalam sehari kadarnya mencapai 50 ribu tahun perhitungan manusia. Lihat surah Al-Ma'arij [70]: ayat 4. "Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun."

Perpindahan malaikat dari alam malakut (dimensi cahaya) menuju ke alam nasut (dimensi partikel, manusia) tidak setiap saat dapat terjadi. Karena untuk berpindah dimensi, malaikat berarti melintasi cermin CP (C=charge conjugation, penolakan muatan dan P= parity, keseimbangan), dan memperlambat kecepatannya (kecepatan cahaya) mendekati kecepatan partikel. Ini sama dengan pengerahan energi secara kontinyu, yang kalau tidak sesuai prosedur yang ditentukan Allah, akan berakibat fatal (meledak, energy-overload).

Putaran ruang dalam kecepatan cahaya (300.000 km/s) adalah waktu mutlak. Ia adalah ruang bulat dan bukan lonjong. Bila benda bergerak dengan kecepatan cahaya, yang artinya sama dengan kecepatan putaran ruang atau waktu mutlak, benda itu akan membekukan waktu mutlak sehingga ia akan terlepas dari perhitung an waktu.

Sekarang, akan kita hitung usia seorang mukmin yang dikaruniai Allah Lailatul Qadar. Kita ambil contoh, bila si Fulan telah berusia 30 tahun, ia telah menjalankan ibadah Ramadhan semenjak usia 15 tahun, berarti ia telah menjumpai Lailatul Qadar sebanyak 15 kali. Selanjutnya, bila selama 15 tahun itu dikaruniai Lailatul Qadar oleh Allah sebanyak 12 kali saja (yang tiga tahun bolong-bolong), si Fulan tadi tidak lagi berusia 30 tahun, tetapi telah bertambah mengikuti persamaan Lailatul Qadar.

Rumusnya adalah U = Ui + (n x 83,4). U adalah usia hamba yang mendapatkan Lailatul Qadar (tahun), Ui adalah usia hamba mula-mula (tahun), n = orde Lailatul Qadar (tanpa satuan), dan 83,4 adalah 83 tahun tambah 4 bulan (seribu bulan). Dengan demikian, usia Fulan saat ini adalah U= 30 + (12 x 83,4) tahun yang berarti 1030,8 tahun, atau 1.030 tahun ditambah 8 bulan. Wallahu A’lam.
Red: irf Sumber : Republika

Tuesday, August 24, 2010

Hikmah Ramadhan

KHIDIR (KHIDIR)
Pertemuan antara Musa AS dengan Khidir adalah salah satu peristiwa yang penting di dalam kehidupan Musa AS. Hal ini dijelaskan dengan rinci di dalam Surat Kahfi. Latar belakang peristiwa ini diriwayatkan dari Hadits Bukhari oleh Abi-bin-Kaab RA.
Pada suatu hari Bani Israil bertanya kepada Musa AS, “Siapakah yang paling berilmu di dunia ini.” Beliau menjawab, “Aku adalah yang paling berilmu.” Allah SWT tidak menyukai jawaban ini. Musa AS diharapkan menjawab bahwa Allah SWT lah yang Maha Mengetahui. Oleh karena itu Allah SWT bermaksud untuk memberi lagi pelajaran kepada Musa AS seperti yang telah dilakukan Allah SWT kepada manusia terpilih lainnya. Allah SWT memberitahu Musa AS bahwa ada seorang hambaNya yang lebih berilmu dibandingkan daripadanya dan bahwa hamba ini berada ditempat dimana dua lautan bertemu. Musa AS sangat penasaran untuk belajar lebih banyak dari hamba ini. Musa AS memohon kepada Allah SWT untuk memberinya petunjuk lebih rinci mengenai tempat ini.
Allah SWT memerintahkan Musa AS untuk menaruh seekor ikan ke dalam sebuah baskom/panci dan berjalan menuju tempat dimana dua sungai bertemu. Orang berilmu itu akan berada ditempat dimana ikannya akan menghilang. Musa AS memulai perjalanannya dengan pelayan yang masih kecil Yusha bin Noon sampai mereka mencapai sebuah batu karang. Mereka berdua menyandarkan kepala dan beristirahat sementara di sana.
Ikan itu keluar dari baskom/panci dan masuk ke dalam laut. Jejak jalan ikan ini dengan menakjubkan telah menciptakan sebuah terowongan. Pelayannya melihat kejadian ini. Tetapi, ia kemudian lupa menceritakan kepada Musa AS tentang kaburnya ikan tersebut, jadi mereka terus berjalan melanjutkan perjalanannya selama satu hari satu malam lagi. Kemudian Musa AS memerintahkan pelayannya untuk mengeluarkan ikan tersebut karena ia sangat lapar. Keduanya merasa sangat kelelahan karena perjalanan tersebut. Pelayan itu berkata kepada Musa AS, “Aku lupa mengatakan bahwa ikan itu telah lepas ketika kita beristirahat di dekat batu karang tadi.” Musa AS menjawab, “Itu adalah tempat yang kita cari.” Jadi mereka kembali menuju batu karang tersebut. Disana mereka melihat Khidir. Musa AS menyapanya. Khidir bertanya, “Apakah kamu Musa AS dari Bani Israil?” Musa AS menjawab, “Benar, dan saya mohon engkau mau mengajarkanku beberapa pengetahuan yang kau miliki.”
Percakapan yang panjang terjadi antara Musa AS dan Khidir. Keterangan lebih rinci dari percakapan ini terdapat dalam Hadits dan juga di dalam Al Kahfi 62 - 82

Maka tatkala mereka berjalan lebih jauh, berkatalah Musa kepada muridnya: "Bawalah ke mari makanan kita; sesungguhnya kita telah merasa letih karena perjalanan kita ini". Muridnya menjawab: "Tahukah kamu tatkala kita mencari tempat berlindung di batu tadi, maka sesungguhnya aku lupa (menceritakan tentang) ikan itu dan tidak adalah yang melupakan aku untuk menceritakannya kecuali syaitan dan ikan itu mengambil jalannya ke laut dengan cara yang aneh sekali." Musa berkata: "Itulah (tempat) yang kita cari". Lalu keduanya kembali, mengikuti jejak mereka semula. Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya Rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami.
Musa berkata kepada Khidhr: "Bolehkah aku mengikutimu supaya kamu mengajarkan kepadaku ilmu yang benar di antara ilmu-ilmu yang telah diajarkan kepadamu?" Dia menjawab: "Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak akan sanggup sabar bersamaku. Dan bagaimana kamu dapat sabar atas sesuatu, yang kamu belum mempunyai pengetahuan yang cukup tentang hal itu?" Musa berkata: "Insya Allah kamu akan mendapati aku sebagai seorang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam sesuatu urusanpun".
Dia berkata: "Jika kamu mengikutiku, maka janganlah kamu menanyakan kepadaku tentang sesuatu apapun, sampai aku sendiri menerangkannya kepadamu". Maka berjalanlah keduanya, hingga tatkala keduanya menaiki perahu lalu Khidhr melobanginya. Musa berkata: "Mengapa kamu melobangi perahu itu yang akibatnya kamu menenggelamkan penumpangnya?" Sesungguhnya kamu telah berbuat sesuatu kesalahan yang besar. Dia (Khidhr) berkata: "Bukankah aku telah berkata: "Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak akan sabar bersama dengan aku" Musa berkata: "Janganlah kamu menghukum aku karena kelupaanku dan janganlah kamu membebani aku dengan sesuatu kesulitan dalam urusanku". Maka berjalanlah keduanya; hingga tatkala keduanya berjumpa dengan seorang anak, maka Khidhr membunuhnya. Musa berkata: "Mengapa kamu bunuh jiwa yang bersih, bukan karena dia membunuh orang lain? Sesungguhnya kamu telah melakukan suatu yang mungkar".
Khidhr berkata: "Bukankah sudah kukatakan kepadamu, bahwa sesungguhnya kamu tidak akan dapat sabar bersamaku?" Musa berkata: "Jika aku bertanya kepadamu tentang sesuatu sesudah (kali) ini, maka janganlah kamu memperbolehkan aku menyertaimu, sesungguhnya kamu sudah cukup memberikan uzur padaku". Maka keduanya berjalan; hingga tatkala keduanya sampai kepada penduduk suatu negeri, mereka minta dijamu kepada penduduk negeri itu tetapi penduduk negeri itu tidak mau menjamu mereka, kemudian keduanya mendapatkan dalam negeri itu dinding rumah yang hampir roboh, maka Khidhr menegakkan dinding itu.
Musa berkata: "Jikalau kamu mau, niscaya kamu mengambil upah untuk itu". Khidhr berkata: "Inilah perpisahan antara aku dengan kamu; Aku akan memberitahukan kepadamu tujuan perbuatan-perbuatan yang kamu tidak dapat sabar terhadapnya. Adapun bahtera itu adalah kepunyaan orang-orang miskin yang bekerja di laut, dan aku bertujuan merusakkan bahtera itu, karena di hadapan mereka ada seorang raja yang merampas tiap-tiap bahtera. Dan adapun anak itu maka kedua orang tuanya adalah orang-orang mu'min, dan kami khawatir bahwa dia akan mendorong kedua orang tuanya itu kepada kesesatan dan kekafiran.
Dan kami menghendaki, supaya Tuhan mereka mengganti bagi mereka dengan anak lain yang lebih baik kesuciannya dari anaknya itu dan lebih dalam kasih sayangnya (kepada ibu bapaknya). Adapun dinding rumah itu adalah kepunyaan dua orang anak yatim di kota itu, dan di bawahnya ada harta benda simpanan bagi mereka berdua, sedang ayahnya adalah seorang yang saleh, maka Tuhanmu menghendaki agar supaya mereka sampai kepada kedewasaannya dan mengeluarkan simpanannya itu, sebagai Rahmat dari Tuhanmu; dan bukanlah aku melakukannya itu menurut kemauanku sendiri. Demikian itu adalah tujuan perbuatan-perbuatan yang kamu tidak dapat sabar terhadapnya".
Mari kita mencoba menarik beberapa pelajaran dari cerita Musa AS dan Khidir ini:
1. Janganlah membual, walaupun faktanya kelihatan benar.

2. Allah SWT tidak menjadi marah kepada manusia pilihanNya bila ia berbuat salah. Allah SWT kemudian memberinya tambahan pelajaran agar ia bisa lebih melihat sesuatu dalam warna sesungguhnya.

3. Musa AS sangat bersemangat untuk menimba pelajaran dari Khidir walaupun Allah SWT telah memberinya ilmu yang banyak. Jadi menimba ilmu adalah termasuk sunnah para Nabi.

4. Menimba ilmu memerlukan kerja keras yang banyak dan kesabaran. Jenis dari kesulitan bermacam-macam pada tiap kasus. Sebagai contoh, pelayan Musa AS lupa melaporkan kaburnya ikan waktu berada dekat batu. Mereka telah berjalan selama sehari semalam dan harus kembali ketempat semula, mengalami banyak sekali kesulitan dan kelelahan.

5. Seorang murid harus menunjukkan hormatnya kepada gurunya. Musa AS adalah seorang Nabi yang besar, tetapi ia menyapa gurunya, Khidir, dengan rendah hati dan penuh hormat.

6. Allah SWT hanya memberikan pengetahuan khusus dan terbatas kepada para NabiNya dan orang pilihanNya. Pengetahuan Allah SWT sendiri adalah tak terbatas. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Ketika Musa AS dan Khidir berada di dalam perahu, seekor burung menghampiri. Burung itu beristirahat dipinggiran perahu dan meminum sedikit air laut dengan paruhnya. Khidir berkata kepada Musa AS, “Perbandingan ilmu kita berdua dibandingkan dengan ilmu Allah SWT adalah seperti perbandingan air pada paruh burung itu dengan air di dalam laut.”

7. Nabi Musa AS mengajarkan kita tatacara bepergian. Ia menjelaskan kepada pelayannya tentang tujuan perjalanan mereka, serta tempat akhir perjalanan sebelum mereka memulai perjalannya. Kita harus membagi pengetahuan ini dengan pelayan kita. Sayang sekali banyak majikan yang menganggap hal itu sebagai merendahkan derajat mereka bila membagi pengetahuan perjalanannya dengan pelayannya.

8. Khidir berkata bahwa segala perbuatannya yang luar biasa itu adalah bukan kemampuannya sendiri. Allah SWT telah memberinya pengetahuan khusus yang tidak diberikan kepada Nabi Musa AS. Jadi segala bentuk pengetahuan adalah karunia dari Allah SWT. Ia memberikan karuniaNya kepada siapapun yang dipilihNya. Allah SWT mengetahui segala yang gaib dan kita amat terbatas dalam pengetahuan dan pemahaman kita.

Kita bersyukur kepada Allah SWT atas kehendakNya memberi kita petunjuknya yang rinci ini untuk kebaikan kita semua.
artikel dari : imtiazahmad.com

Monday, August 16, 2010

Kegiatan Ramadhan 1431 H

SDIT Darul Abidin- Depok
Senin ini, hari pertama siswa-siswi SDIT Darul Abidin melaksanakan kegiatan belajar mengajar di bulan Ramadhan 1431 H. Ceria, semangat, lemah, dan layu menghiasi wajah-wajah polos mereka, kembali bergulat dengan teman-teman seperjuangan membuat mereka senang dan gembira ketika bertemu kembali.

Kegiatan pertama yang dilakukan Ramadhan kali ini adalah Dhuha berjama'ah, kultum dan membaca almatsurat berjama'ah. setelah itu, mereka kembali ke kelas mereka masing-masing dan belajar bersama bapak/ibu guru, istirahat, kembali belajar selanjutnya sholat dzuhur berjama'ah, kemudian pulang pada pukul 13.00 WIB.

Kultum Ramadhan 1431 H
Dalam kultum hari pertama, Pak. Mas'ud mengingatkan kembali anak-anak untuk menjaga puasa mereka agar puasanya dapat diterima oleh Allah SWT, dengan menghindari berkata bohong, ghibah (gosip),  namimah (adu domba), memandang dengan syahwat, dan menghindari sumpah palsu. Karena lima kegiatan di atas tersebut dapat mengurangi bahkan menghapus pahala puasa kita. 

Pak. Mas'ud juga mengingatkan untuk senantiasa berbuat kebaikan, yakni membaca Al-Qur'an, Infak atau Shodaqoh, dan Dzikir atau do'a. Karena salah satu do'a yang tak ditolak oleh Allah SWT adalah do'anya orang-orang yang berpuasa sampai ia berbuka.

Gelorakan semangatmu..........