Lensa Darbi

Friday, May 06, 2011

Outing Class 3 "Cisarua Mountain Dairy" Darbi

SDIT Darbi Depok

Memulai hari dengan basmallah, siswa-siswi kelas 3 SDIT Darbi bersiap melaksanakan kegiatan kunjungan wisata alias outing class ke Cimory (Cisarua Mountain Dairy) yakni tempat makan, wisata keluarga, dan pemerahan susu, pabrik pengolahan susu dan yoghurt Cimory, yang berada di wilayah pegunungan puncak, Cisarua - Bogor.

Arena bermain dan peternakan sapi yang cocok dan pas akan alam yang sejuk, dikelilingi pegunungan dan senantiasa mendapatkan udara yang alami dan terjaga dengan baik kelestariannya. Tepat pukul 07.30 WIB siswa-siswi berangkat dengan bus pariwisata terkemuka, berawal dari Jl. Arif Rahman Hakim Beji Depok, siwa-siswi melangkah dengan penuh semangat melewati pemandangan indah pegunungan. Kilauan matahari pagi seakan ikhlas mengizinkan siswa-siswi tuk bertamasya dan belajar bersama di pusat pengolahan susu dengan metode pasteurisasi ini.

Sekitar pukul 10.00 WIB, merekapun tiba dan berkumpul memenuhi ruangan dan pelataran kawasan Cimory. Ditemani oleh Ibu. Ranti, Ibu. Neli, Ibu. Siska, dan Ibu. Sari, mereka mendapatkan suguhan selamat datang berupa susu Cimory setiap orang satu gelas. Kemudian perkenalan serta penjelasan dengan didampingi oleh kakak pemandu, yakni Kak. Doni dan Kak. Deni. Mereka berdua menjelaskan banyak hal tentang Cimory dan proses pengolahan susunya.

Di tempat pemerahan susu, terdapat sekitar sepuluh ekor sapi besar beserta anakan sapi. Sapi ini adalah jenis sapi Frisian Holsteiner yang berasal dari negeri Belanda, dan kini sudah di silang dengan sapi Indonesia. Sapi-sapi ini tak senang akan kebisingan, sehingga siswa-siswi tidak diperkenankan berisik dan membuat kegaduhan selama acara berlangsung. Subhanallah, ternyata siswa-siswi mendapat pujian karena termasuk siswa-siswi berdisiplin tinggi. "dari sekian banyak siswa-siswi yang berkunjung ke Cimory kak. Doni baru mendapatkan suasana yang kondusif seperti ini". ucap Kak. Doni sebagai pemandu.

Makanan yang biasa diberikan untuk sapi-sapi besar ini adalah Rumput jenis Gyant grass, dan diberikan sedikitnya 6 Kg protein dan vitamin, serta dicampur dengan ampas tahu sebagai campuran. Selanjutnya kandang dibersihkan dari kotoran 2 kali setiap harinya, karena sapi ini jenis sapi perah maka sapi ini harus mendapatkan banyak asupan makanan dan gizi, serta mendapatkan pengawasan ketat agar tak berpenyakit. Setidaknya sapi yang dapat diperah adalah sapi yang telah menghasilkan anak atau berproduksi.

Kembali ke pengolahan susu, susu sapi yang baru saja diperah hendaknya tidak langsung dikonsumsi karena ia masih mengandung patogen yakni bakteri buruk yang dapat menyebabkan infeksi, atau dalam hal ini dapat mual dan sakit perut. Setelah memerah susu, selanjutnya mereka sejenak melihat pengolahan produksi susu pasteurisasi, keju, dan yoghurt. Mereka diperlihatkan dengan para pekerja yang gigih dan semangat, serta mesin-mesin produksi yang canggih dan besar, ada juga keju yang disimpan dengan waktu yang lama.

Kemudian mereka melanjutkan kegiatannya dengan aneka permainan yang ada di arena Cimory, seperti ayunan, perosotan, njot-njotan, dll. Setelah itu mereka menyaksikan penayangan pemutaran video tentang Cimory, makan siang, dan kemudian menyaksikan pembuatan milk shake serta sholat dzuhur berjama'ah. Kemudian dilanjutkan dengan oleh-oleh dan do'a penutup.

Semoga seluruh kegiatan acara dapat bermanfaat, dan memberikan banyak ilmu yang berguna bagi kehidupan mereka. Amiin. Semoga menjadi kenangan dan pengalaman berharga untuk semua. Amiin. mr

No comments: