Lensa Darbi

Friday, March 26, 2010

Pelatihan Informasi Literasi

SDIT Darul Abidin - Depok Kemarin, tepatnya hari kamis pagi tanggal dua puluh lima maret tahun dua ribu sepuluh, pukul delapan hingga pukul empat sore. Penulis dan dua sahabat penulis yang berbeda unit diberikan sebuah amanah sekaligus pelajaran berharga bagi kami tentang pentingnya media literasi. Bertempat di SD Madania Gedung Budaya Afrika dan Gedung Perpustakaan dan Labkom SD Madania.

Memasuki era informasi seperti sekarang ini, setiap individu dituntut untuk dapat memperoleh dan mengolah informasi dengan efektif dan efisien. Kemampuan esensial inilah yang dikenal sebagai literasi informasi. Oleh sebab itu guru/pustakawan sekolah perlu menggalakkan program literasi informasi yang kreatif dan menarik sehingga kemampuan literasi informasi siswa/i semakin meningkat. begitulah pokok bahasan yang dibahas dalam kesempatan tersebut.

Baik oleh Bapak Muhammad Ihsanudin, M.Hum. yang memberikan presentasi tentang "Comparative Reflection on Information Literacy Programs in Asia" dalam presentasi tersebut beliau hanya membandingkan bagaimana perpustakaan di Hongkong yang canggih dan mapan yang mewajibkan perpustakaan di setiap sekolah mereka serta memiliki guru perpustakaan dan asisten serta petugas perpustakaan tersendiri dalam setiap perpustakaan dan setiap sekolah. Dan membandingkannya juga dengan Malaysia yang menjadikan perpustakaan adalah salah satu pelajaran wajib bagi siswa- siswi mereka, dan pegawai perpustakaan disana telah disamakan hak dan kewajibannya seperti guru negeri.


Begitu juga presentasi oleh Bapak Dhama Gustiar, S.IP. tentang Empowering Librarians : Competencies and Skills for the 21th Century yang memberikan sebuah paradigma baru bagi kami bagaimana seharusnya seorang petugas perpustakaan itu, karena peralatan yang serba canggih dan modern maka seorang petugas perpustakaan harus aware dengan teknologi informasi bagaimana pemanfaatan media internet, apalagi dalam perpustakaan yang terbatas koleksi buku dan sarana belajar lainnya. Maka peranan internet sebagai salah satu media informasi yang memberikan solusi bagi siswa- siswi kita.


Kegiatan pukul satu siang adalah kegiatan workshop yang kami tunggu dan kami anggap sangat penting yakni tentang: ”Managing Library Services and Programs” penulis dan sahabat penulis akhirnya merasa agak sedikit kecewa karena disana hanya dibahas tentang bagaimana mempergunakan search engine pada internet yang aman bagi anak- anak, namun bagi anak- anak kebanyakan pastilah mereka akan merasa kesulitan karena pada search engine tersebut tak tersedia bahasa mereka.


Kegiatan ditutup dengan pemberian door prize pada pukul tiga sore dan salah satu sahabat penulis menjadi salah satu dari sepuluh orang yang mendapatkan door prize pada saat itu. Salah seorang sahabat penulis ingin sekali mendapatkan program / sistem perpustakaan di SD Madania itu diberikan atau bagaimana software mereka itu dibuat agar dapat kita praktekkan pada otomasi perpustakaan Darul Abidin.


Kegiatan tersebut sebenarnya cukup bagus, untuk para petugas perpustakaan agar mereka dapat meng-
up grade dirinya dengan ketangkasan IT atau teknologi informasi yang baik, mengenal search engine, agar memudahkan siswa dalam menjawab persoalan dan tugas- tugas dari guru serta sekolah mereka. Meng -up grade dirinya dengan kemampuan berbahasa Inggris, karena dengan bahasa tersebutlah kebanyakan informasi dapat dengan mudah didapatkan.

Kegiatan seminar dan workshop ini bertempat di Library Gedung Afrika Lt.1 Madania Progressive Indonesian School - Jl. Raya Parung Telaga Kahuripan Parung- Bogor. mr

No comments: