Lensa Darbi

Monday, March 02, 2009

Try Out Sicerdik


Sebelum Ujian, Try Out Dulu di Portal Sicerdik


Depok - Internet menjadi sarana yang bisa dijadikan siapapun dalam menyajikan informasi pada khalayak ramai. Melalui kecanggihan teknologi ini setiap orang bisa mendapatkan informasi yang diinginkannya dengan cepat tanpa terhalang ruang dan waktu. Begitu pula di dunia pendidikan. Portal informasi khusus kegiatan belajar mengajar di dunia maya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tanah air. Hal inilah yang coba dilakukan PT. Sarana Insan MudaSelaras (PT. SIMS) dengan menyediakan portal informasi interaktif dan edukatif yang diberi nama Sicerdik (Situs Cerdas dan Mendidik) dengan alamat akses di http://www.sicerdik.com.portal/ Sicerdik mengusung konsep cyber school, yang memungkinkan setiap penggunanya mendapatkan akses informasi pendidikan, baik yang berbentuk sebagai materi ajar maupun soal-soal latihan.


Portal ini juga dibuat sebagai media pembelajaran yang cerdas dan mendidik bagi para siswa dan guru yang akan memberikan layanan ilmu pendidikan terkini dan selalu disesuaikan dengan kurikulum terbaru. Para siswa, diklaim tidak saja akan mampu menjawab berbagai soal, namun juga akan memahami setiap bentuk soal dan cara-cara menjawab dengan runtut. Try Out OnlineDalam rangka UAN untuk SMP dan SMA, tim pengelola Sicerdik yang telah mengembangkan materi konsep pendidikan online sejak awal tahun 2007 lalu akan mengadakan program Try Out Online.Kegiatan Try Out Online ini dimulai sejak awal April 2008 lalu, dan berlangsung hingga hari H pelaksanaan UAN SMP dan SMA.


Selama kegiatan ini, pengelola akan menyediakan materi-materi berupa uji coba ujian soal-soal UAN yang dapat diakses secara Online, dan dengan sistem yang sudah ada, akan segera diperoleh hasil latihan ujian online ini secara langsung.Untuk mengerjakan ujian ini para siswa pengguna hanya perlu melakukan registrasi langsung dan mendaftarkan sebagai member dengan status sebagai siswa.Materi soal-soal ujian akan selalu direvisi dengan materi yang baru yang dikelola oleh tim pengembang Sicerdik yang terdiri dari guru-guru dan aktifis yang peduli dengan pendidikan dan pengembangan pendidikan khususnya secara online.


Dengan Try Out Online diharapkan akan dapat meningkatkan uji kemampuan hasil belajar dalam persiapan UAN, karena akan membantu siswa pemakai untuk menambah wawasan mengenai proses belajar dan ujian yang bisa memanfaatkan media pembelajaran melalui Internet (e-Learning)Portal Sicerdik juga dapat dimanfaatkan oleh komunitas Guru, karena bagi para guru yang terlibat didalamnya akan dapat membatu proses pembelajaran dengan pemanfaat teknologi informasi. Para Guru bisa saling bertukar materi ujian serta memudahkan dalam pemantauan hasil ujian try out yang dilakukan siswanya secara online. ( ash / man )

No comments: