Lensa Darbi

Saturday, February 12, 2011

Juara II Futsal JSIT Nasional

SDIT Darul Abidin Depok
Alhamdulillah, syukur dan puji-pujian hanya untuk Rabb semesta alam, walaupun belum sesuai target dan harapan. Paling tidak, perjuangan dan kegigihan tim Darbi Power Futsal berhasil memberikan kami (Official dan staff pelatih, juga orang tua) kebanggaan yang sangat atas semangat, kerja keras, dan pantang putus asa untuk memberikan permainan terbaik mereka.

Skor 2-0 yang akhirnya membuyarkan harapan juara tersebut semoga menjadi batu loncatan untuk hari depan yang lebih baik. Permainan futsal yang sejatinya adalah permainan fisik, tapi pada setiap pertandingan dan kejuaraan yang diikuti menjadi bukti juga bahwa mental yang kuat juga dapat menjadi acuan berhasil tidaknya sebuah tim. Begitu juga dengan Darbi Power Futsal, yang dahulu boleh dibilang merupakan tim yang selalu kalah, dan tak pernah memenangkan juara pada turnamen-turnamen yang diikuti.

Tapi, kini seiring berjalannya waktu Darbi Power Futsal berhasil membuktikan diri bahwa dengan kerja keras, rajin berlatih, dan disiplin serta kesungguhan yang kuat, hasil latihan dan arahan pelatih, manager, dan orang tua yang selalu mendukung, juga takdir dan rahmat Allah tentunya. Kini Darbi Power Futsal kembali berbenah untuk menyiapkan regenerasi yang sangat penting untuk keberlangsungan sebuah tim. 

Kembali ke Turnamen 
Tim Darbi Power Futsal hendak mengikuti turnamen futsal di Limus IBM JAYA pada kejuaraan Festival Futsal Depok. Diawali dengan rekomendasi dari sekolah dan yayasan, yang menginginkan tim DPF untuk ikut serta pada kejuaraan futsal JSIT Nasional yang diadakan di Jl. Raya Bambu Apus Kav. Kowilhan tepat di belakang (TMII).

Technical meeting yang dilaksanakan pada hari Jum'at 4 Februari 2011, jam 3 sore menjadi awal perjuangan tim, dengan peserta 25 tim dan waktu 2x10 menit dan sistem gugur turnamen hendak dimainkan. Setelah itu tim kembali bersiap menatap laga sungguhan. Sabtu, 5 Februari 2011 tepat pukul 06.20 WIB tim Darbi Power Futsal berangkat dengan mobil Haekal yang mengangkut beberapa pemain yakni, Haekal,  Faiz, Raka, Rizky, Fikri, Ari, Hafizh, Arif, Fari, selanjutnya Angga dan Rafi menyusul dari Halim Perdana Kusuma untuk mengikuti turnamen antar SSB Se-Jabodetabek.

Pertandingan pertama Darbi Power Futsal berhasil mengalahkan SDIT  dari Lampung dengan skor 1-0 berkat gol cantik Rafi dari umpan manis Angga. Selanjutnya pada pertandingan kedua SDIT Darul Abidin melawan SDIT Thariq Bin Ziyad dari Bekasi dan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4-3. Lewat sepakan kaki Ari dengan 2 gol, dan Angga juga dengan 2 gol.

Pada pertandingan semifinal, SDIT Darul Abidin berjumpa dengan sesama wakil kota Depok yakni SDIT Nurul Fikri, yang berkesudahan dengan drama adu penalti setelah pada dua babak bermain dengan hasil imbang 2-2 lewat gol Nandi dan Ari. 

Drama Adu Penalti
SDIT Nurul Fikri menjadi penendang pertama dengan dijaga oleh Fikri sebagai penjaga gawang Darul Abidin. Skor 1-0 saat penendang pertama NF mengecoh Fikri, saatnya membalas. Darul Abidin menurunkan Rafi sebagai penendang pertama dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Selanjutnya Angga hingga skor 2-2, dan pada penendang ketiga Fikri berhasil memblok tendangan penalti lawan, maka Ari sebagai penendang ketiga tak berhasil melawan ketegangan dan gagal menyarangkan bola ke gawang NF. skor tetap 2-2. Arif kini ditunjuk oleh pelatih menjadi penendang keempat dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3. Selanjutnya penendang kelima Hafizh diblok oleh kiper NF. Dan penendang kelima  dan keenam NF juga berhasil digagalkan oleh Fikri (GK Darbi). Selanjutnya Fikri ditunjuk kembali oleh tim pelatih untuk menjadi penendang terakhir Darbi. Dan akhirnya Fikri berhasil menyarangkan bola ke sudut gawang dan Darbi Power Futsalpun berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4-3. 

Partai Final
Darbi Power Futsal menurunkan tim lapis kedua untuk mengistirahatkan tim pertama yang terlihat kelelahan, dan apalagi dengan Angga dan Rafi yang pada hari kemarin bermain non stop hingga 5 kali bertanding. Tim pertama Darbi menurunkan Ari, Faiz, Fari, Arif, dan Rizky untuk menggempur pertahanan dari SDIT YAPID Bekasi. Namun kesigapan kiper lawan membuat pertandingan berlangsung seru dan menarik hingga saat babak pertama akan berakhir Darbi dengan sang kiper Faiz takluk oleh gol pemain YAPID memanfaatkan kelengahan dan keletihan DPF. 

Pada babak kedua, DPF berusaha mengejar ketinggalan dengan memasukkan Angga dan Hafizh untuk kembali menekan lawan. Namun serangan bertubi-tubi yang dilancarkan tak juga membuahkan hasil membuat para pemain DPF frustasi dan kembali menurunkan Rafi yang terlihat mulai kembali fit setelah menjalani laga berat di Halim Perdana Kusuma dalam kejuaraan SSB se Jabodetabek. Namun, ini juga belum berhasil membuahkan hasil hingga kelengahan terjadi dan skor berubah 2-0 untuk tim lawan.

Semoga hasil dan perjuangan 100% SDIT Darul Abidin mendapatkan banyak hikmah dan manfaat untuk kemajuan futsal selanjutnya. Usaha keras dan pantang menyerah membuat semuanya bangga atas setiap perjuangan kalian. Semoga pada turnamen selanjutnya di Pondok Indah kalian menjadi yang terbaik. Kita mampu berusaha dan bekerja tapi Allah lah pemberi keputusan yang Maha Adil. Juara II tingkat JSIT Nasional sejatinya menjadi kebanggaan. Bukan hanya untuk tim Darbi Power Futsal, tapi juga untuk pribadi,  orang tua, pelatih, manager,  sekolah, dan Yayasan Darul Abidin.

Terima kasih tuk semuanya, kalian adalah ummat terbaik....

No comments: