Lensa Darbi

Friday, August 29, 2008

Sambut Ramadhan Dengan Ceria...


Umat Islam di seluruh pelosok dunia pada saat ini menyambut dengan penuh riang gembira akan kedatangan bulan suci Ramadhan yang bakal tiba sdalam hitungan hari, tidak terkecuali juga kami siswa- siswi SDIT Darul Abidin. Kami telah menyiapkan berbagai kegiatan untuk memperkaya kegiatan ibadah siswa- siswi dan guru dengan berbagai kegiatan, diantaranya Tarhib Ramadhan dimulai dengan Karnaval Ceria Sambut Ramadhan, Kajian Tarhib Ramadhan bersama Ust. Hilman Rosyad Syihab (Dewan Penasehat Daarut Tauhid). Lomba menggambar dan mewarnai, lomba cerdas cermat, lomba kultum, lomba adzan, lomba menghafal qur'an, dan kegiatan lainnya.





Bulan Ramadhan telah di gelar oleh Allah sebagai bulan yang sangat mulia,bulan yang penuh dengan rahmat, pengampunan, hidayah, kebaikan bahkan syafaat bagi umat islam. Abu Said Al-Khudri r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dan mengetahui batas-batasnya , dan menjaga diri dari segala apa yang patut di jaga , di hapuskanlah dosa - dosanya yang telah lalu."





Di dalam hadist yang lain Rasulullah SAW menegaskan : " Puasa dan Al - Qur'an itu memintakan syafaat bagi seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata : Ya Tuhanku, Aku mencegahnya makan dan syahwat, maka berilah dia syafaat karena puasanya. Al Qur'an berkata : Aku mencegahnya tidur pada malam hari , maka berikanlah dia syafaat karenanya. Beliau bersabda : Lali keduanya ( yakni puasa dan Al - Qur'an ) memintakan syafaat ( HR. Ahmad.)



Rasulullah SAW telah menggambarkan bulan Ramadhan sebagai tamu agung yang harus di muliakan kedatangannya oleh kita semua. Kedatangan tamu agung itu merupakan kebahagiaan tersendiri bagi umat islam. Karena begitu agungnya derajat bulan Ramadhan sehingga Rasulullah mengatakan : " Sekiranya umat ku mengetahui tentang keagungan Ramadhan , pasti mereka mengharapkan agar setahun itu seluruhnya menjadi Ramadhan".



Disamping itu , Rasulullah menggambarkan Ramadhan sebagai bulan agung yang penuh dengan berkah , bulan dimana turunnya Lailatul Qadar, bulan dimana puasa diwajibkan , bulan dimana shalat taraweh disunnahkan, ibadah sunnah di bulan itu ,pahalanya seperti melakukan ibadah wajib. Dan siapa yang melakukan ibadah wajib , maka pahalanya di gandakan 70 kali ganda. Ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang sangat luar biasa nilainya jika di bandingkan dengan ibadah - ibadah lainnya.Hal ini di tegaskan Nabi SAW :"Semua amal kebaikan anak Adam mendapatkan pahala berlipat ganda. Setiap satu kebaikan pahalanya sepuluh kali ganda hingga 700 kali ganda, kecuali puasa.



Sesungguhnya puasa itu untukku, dan Aku sendiri yang akan membalasnya, karena dia telah meninggalkan nafsu syahwat dan makannya semata -mata hanya untuk - Ku".(HR.Muslim). Hadist di atas menjelaskan bahwa setiap satu kebaikan yang kita kerjakan akan di balas oleh Allah 10 kali hingga 700 kali ganda, kecuali Puasa . Untuk ibadah puasa Allah akan memberikan balasan dengan balasan yang lebih khusus dan istimewa.



Oleh sebab itu , marilah kita sambut kedatangan bulan suci ini dengan wajah yang ceria, hati yang ikhlas, iman yang mantap, dan penuh dengan keridhaan Allah SWT. Nabi berpesan:"Barang siapa senang dengan datangnya bulan Ramadhan , Allah akan haramkan jasadnya masuk neraka". Amien......

No comments: